Tips Hemat Belanja Perlengkapan Imlek

Sama seperti tahun baru biasa, tahun baru tanggalan China alias imlek juga pastinya dirayakan dengan meriah. Dan, sama seperti hari besar lainnya, kadang perayaan ini membuat kantung kita kempes alias membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara agar tetap hemat belanja perlengkapan imlek yang bisa dilakukan. Berikut beberapa di antaranya.

Manfaatkan Diskon

Menjelang imlek, banyak pusat perbelanjaan dan toko online atau e-commerce yang menawarkan diskon besar-besaran demi menyambut tahun baru ini. Misalnya promo imlek di blanja yang menghadirkan beragam keperluan imlek dan barang lainnya dengan potongan harga yang lumayan besar. Dengan memanfaatkan promo ini, kita bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan namun dengan harga yang jauh lebih murah, plus kita tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkannya.

promo imlek di blanja

promo imlek di blanja

Tetapkan budget

Diskon memang menggiurkan, namun kadang kita jadi kalap dan malah belanja dalam jumlah yang lebih banyak. Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya buatlah perencanaan jumlah budget belanja. Budget ini berisi barang apa saja yang memang dibutuhkan serta jumlah maksimal pembelanjaan tersebut. Ini bisa membantu kita untuk tidak mudah tergoda dengan penawaran harga murah di tempat belanja padahal sebenarnya tidak kita perlukan.

Daur ulang barang lama

Pernak-pernik saat imlek memang bisa membuat suasana hari menjadi lebih meriah. Namun, harga pernak-pernik tersebut kadang tidak murah. Untuk mengakalinya, cobalah menggunakan alias mendaur ulang hiasan imlek tahun lalu yang masih disimpan dan layak digunakan. Untuk membuatnya jadi keliahatan seperti baru, kita bisa mengcatnya kembali atau memodikasinya dengan barang-barang yang ada di rumah. Misalnya gunakan botol plastic untuk menjadi lampion, dan sebagainya. Selain hemat, ini akan lebih baik daripada langsung membuang barang-barang tersebut atau menjadikannya sarang kotoran dan nyamuk karena dibiarkan tertumpuk di dalam gudang.

Imlek bersama keluarga

Imlek bersama keluarga

Jahit baju senidri/Mix-and-match baju lama

Bagi sebagian besar, hari besar biasanya tidak lengkap tanpa memakai baju baru. Hal ini sah-sah saja dilakukan kalau kita memang memiliki budget berlebih. Tapi, bila ternyata budget kita ternyata tidak memadai ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan menjahit baju sendiri atau mix-and-match baju ama di lemari kita. Coba deh, intip lemari pakaian kita, dijamin banyak baju-baju  yang masih layak pakai namun sudah lama tidak digunakan. Nah, dengan menggunakan sedikit kreatifitas, kita bisa memadupadankan baju-baju lama ini agar terlihat seperti baru. Hemat, kan?

Nah, itu tadi beberapa tips belanja hemat untuk keperluan tahun baru imlek nanti, semoga membantu! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *