Tips dan Trik Merawat Kaktus Agar Tidak Gampang Mati

Beberapa orang tidak mau repot-repot merawat rumput dan tanaman. Alhasil, mereka lebih memilih untuk menghiasi rumah dengan rumput sintetis dan tanaman plastik. Padahal jika tahu lebih lanjut lagi, merawat tanaman tidak seribet yang kamu kira lho. Nah, dalam artikel ini kita akan fokus membahas soal tanaman berduri. Yup, kaktus! Meskipun perawatan kaktus terbilang cukup mudah tapi masih saja ada yang gagal memeliharanya. Nah, agar kaktus dapat bertahan lama, kamu bisa  mengikuti beberapa tips berikut ini.

Tips merawat kaktus

Tips merawat kaktus

  • Kenali Sifat Kaktus

Kaktus terdiri dari beberapa jenis, namun pada umumnya membutuhkan cara perawatan yang sama. Habitat asli kaktus adalah di gurun pasir yang kering dan panas, jadi kamu harus memperlakukan kaktus seakan-akan ia sedang dalam habitat aslinya. Jangan terlalu sering menyiramnya, sebab kaktus memiliki daging yang tebal dan jika diberikan air terus menerus, kaktus justru akan cepat busuk dan mati.

  • Perhatikan Kondisi Udara

Selain itu, pastikan kamu meletakkan kaktus dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembap. Boleh juga menaruhnya di luar ruangan seperti teras rumah, misalnya.

  • Jangan Terpapar Sinar Matahari Langsung

Ternyata meskipun kaktus memiliki habitat asli di gurun pasir, bukan berarti kamu bisa meletakkannya di tempat yang langsung terpapar sinar matahari. Mengapa? Jika kaktus hias di letakkan di tempat yang terlalu panas, maka ujungnya akan mudah mengering. Hal inilah yang membuat kaktus lemah dan cepat mati.

  • Sesuaikan Pot

Memilih pot untuk kaktus juga tidak boleh asal-asalan, lho. Kamu perlu menyesuaikan pot dengan ukuran kaktus untuk memudahkannya menyerap nutrisi dengan baik.

  • Berikan Pupuk

Untuk bertahan lebih lama, kaktus perlu diberikan pupuk secara rutin. Namun, pupuk yang diberikan tidak boleh sembarangan ya. Gunakanlah pupuk organik agar kaktus bisa tumbuh dengan baik. Kamu bisa mendapatkan pupuk organik di toko tanaman hias terdekat

  • Teknik Menyiram Kaktus

Seperti yang sudah dijelaskan, kaktus justru akan cepat membusuk jika menerima terlalu banyak air. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menyiram kaktus. Cukup gunakan spray untuk menyemprotkan air pada kakus selama dua kali dalam seminggu.

Bagaimana, ternyata merawat kaktus cukup mudah bukan? Good luck! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *