Tips Aman Transaksi Mobile Banking

Teknologi yang berkembang saat ini memang semakin memudahkan kehidupan kita. Misalnya saja kemudahan berbelanja dengan menggunakan mobile banking. Di manapun dan kapanpun kita bisa bertransaksi dengan mudah. Ditambah lagi promo mobile banking yang gencar diberikan membuat semakin banyak yang memanfaatkan layanan ini, misalnya saja diskon Nail art Salon di Jakarta. Namun, kemudahan ini tentunya tidak datang tanpa bahaya yang mengincarnya. Ya, kemajuan teknologi juga membuat kejahatan semakin mudah menyerang transaksi bank yang memanfaatkan koneksi internet ini.

Transaksi Mobile Banking yang Aman

Tips aman transaksi Mobile Banking

Tips aman transaksi Mobile Banking

Nah, agar transaksi mobile banking tetap aman, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh kita, di antaranya:

Buat password untuk smartphone

Pencurian smartphone pastinya bukan hal yang asing lagi bagi warga ibu kota. Untuk melindungi transaksi mobile banking, maka sebaiknya lindungilah smartphone dengan menggunakan password. Bisa berupa angka (minimal 4 digit), atau berupa pola-pola rumit. Ingat untuk selalu mengelap layar smartphone untuk menghapus bekas jari yang menempel. Bila perlu, berikan juga password untuk aplikasi mobile banking di dalam smartphone yang disediakan oleh beberapa aplikasi.

Gunakan aplikasi resmi dari bank

Selain menyediakan beragam fasilitas yang memudahkan, aplikasi resmi dari bank juga lebih aman karena dilengkapi dengan program keamanan yang dapat mencegah dicurinya user name dan password akun mobile banking kita. Sementara bila membuka aplikasi mobile banking melalui browser smartphone, ada kemungkinan besar, password kita akan mudah untuk dicuri bila smartphone kita hilang atau dicopet. Jangan lupa, untuk mengunduh aplikasi resmi ini dari link resmi bank dan bukan dari link sembarang yang ditemukan di internet. Mengingat link seperti itu bisa saja disusupi malware yang bisa membahayakan informasi kita.

Data log in dan log off

Jangan lupa untuk log off setiap kali selesai bertransaksi, dan sebaiknya jangan menyimpan data log in kita secara otomatis. Ini untuk menghindari orang lain dapat mengakses akun mobile banking kita dengan mudah, entah itu pencuri atau teman yang meminjam smartphone kita.

Hindari melakukan transaksi dengan menggunakan Wi-Fi umum

Sebisa mungkin, hindari melakukan transaksi mobile banking dengan menggunakan layanan Wi-Fi pada fasilitas umum, seperti kafe atau perpustakaan. Wi-Fi pada fasilitas umum ini biasanya tidak dilengkapi dengan pengamaman untuk melindungi password kita. Sebaiknya gunakan saja paket data dari provider kita yang lebih aman.

Semoga beberapa tips tadi bisa membantu transaksi mobile banking jadi lebih aman, ya. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *