Tips Aman selama Perjalanan Panjang dengan Mobil

Berencana untuk pulang kampung atau berlibur dengan keluarga ke luar kota dengan menggunakan mobil sendiri? Melakukan perjalanan panjang apalagi dengan menyetir sendiri memerluan persiapan yang matang. Selain memiliki asuransi kecelakaan yang penting untuk melindungi diri, Anda juga harus tahu beberapa tips dan trik agar perjalanan panjang tersebut bisa dilewati dengan nyaman dan aman hingga tujuan.

Selain asuransi kecelakaan, penting juga memiliki asuransi jiwa untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana perbedaan antara asuransi jiwa dan kecelakaan? Mana yang lebih diprioritaskan khususnya ketika ingin melakukan perjalanan panjang dengan mobil?

Tips aman perjalanan panjang dengan mobil

Tips aman perjalanan panjang dengan mobil

Perjalanan panjang dengan menggunakan mobil sendiri memang memiliki resiko tinggi. Ini karena lamanya waktu tempuh tidak hanya membuat lelah pengemudinya saja, namun juga anggota keluarga lainnya. Nah, berikut ini beberapa tips penting yang mungkin bisa membantu perjalanan Anda:

Tidur yang cukup

Untuk menyiapkan stamina selama perjalanan, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan tidur hari sebelum keberangkatan. Tidurlah setidaknya sekitar 7 jam selama 2 hari sebelumnya untuk menyiapkan energi bagi tubuh Anda.

Waktu keberangkatan

Dikutip dari Blog Nationwide, Dr. Michael Breus, yang juga dikenal dengan julukan “The Sleep Doctor” menyarankan untuk sebaiknya mengindari bepergian atau menyetir pada jam 1 siang hingga 3 sore. Ini karena pada waktu tersebut temperatur tubuh akan menurun dan akibatnya, orang-orang akan merasa lebih mengantuk. Ini tentunya sangat berbahaya karena mengantuk adalah salah satu penyebab utama kecelakaan di jalanan.

Bawa bekal

Jangan lupa untuk menyiapkan bekal untuk mengganjal perut Anda dan keluarga selama perjalanan. Ini penting sekali mengingat perut kosong bisa menyebabkan Anda tidak konsentrasi saat menyetir. Sebaiknya pilihlah bekal berupa makanan sehat serta siapkan juga vitamin untuk menjaga stamina Anda. Jangan lupa, isi botol minuman Anda. Jangan sampai tubuh Anda dehindrasi selama perjalanan.

Permen karet

Untuk menjaga Anda tetap fokus selama menyetir, siapkan selalu permen karet di mobil Anda. Gerakan mengunyah permen karet yang terus menerus tersebut ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak sekaligus meningkatkan konsentrasi Anda selama menyetir.

Sisipkan waktu istirahat

Berkendara dalam waktu yang lama tentunya akan membuat tubuh menjadi letih. Karenanya, sisipkanlah waktu beristirahat selama perjalanan, setidaknya selama 2 jam sekali, misalnya saja saat makan siang di rest area atau berhenti sebentar di tempat-tempat menarik sepanjang perjalanan. Manfaatkan waktu ini untuk meregangkan otot-otot Anda yang kaku selama menyetir.

Posisi duduk

Pastikan posisi duduk Anda selama menyetir nyaman bagi tubuh Anda. Bila Anda mulai merasa lelah, cobalah untuk menegakkan badan dan menghirup nafas panjang, kemudian rasakan bagian mana dari tubuh Anda yang mulai menegang.

Pastikan penumpang Anda terhibur selama perjalanan

Perjalanan yang panjang tidak hanya membuat lelah pengendara, namun juga penumpang, terutama bila Anda membawa anak-anak. Pertengkaran bisa saja terjadi, dan ini bisanya akan membuat pengendara menjadi lebih lelah atau kehilangan konsentrasi. Untuk menghindarinya, pastikan mereka merasa terhibur selama perjalanan, misalnya saja dengan menyediakan permainan selama perjalan berlangsung serta kegiatan menyenangkan lainnya.

Itu tadi beberapa tips agar perjalanan panjang dengan mobil menjadi menyenangkan sekaligus aman. Semoga bermanfaat. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *