Tips Aman Liburan ke Pulau Komodo

Siapa sih yang tidak tahu Pulau Komodo? Tidak hanya warga lokal saja, namun pulau ini juga sudah sangat terkenal di luar negeri. Tidak heran banyak turis mancanegara yang mengunjungi pulau Komodo untuk bertemu dengan kadal raksasa ini. Nah, buat kamu yang juga ingin mengunjungi Pulau Komodo, selain membekali diri dengan asuransi perjalanan domestik, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan agar liburanmu tetap aman!

Liburan ke pulau Komodo

Liburan ke pulau Komodo

Pilih waktu kunjungan

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau Komodo adalah setelah musim hujan berakhir, antara bulan April hingga Juni. Sehingga kamu bisa dengan nyaman melakukan kegiatan di luar ruangan tanpa was-was tertahan hujan. Mengunjungi pulau Komodo pada musim hujan juga tidak disarankan demi menghindari resiko kapal karam. Selain itu, sebaiknya pilih waktu kunjungan di pagi hari, bila ingin bertemu langsung dengan Komodo. Mereka termasuk hewan yang aktif di pagi hari dan berburu mangsa sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 WITA.

Gunakan pakaian yang nyaman

Medan dan rute perjalanan di pulau Komodo dan sekitarnya terdiri dari hutan dan padang rumput tandus. Karena itulah, sebaiknya pilih pakaian yang mudah menyerap keringat serta alas kaki yang nyaman, seperti sepatu gunung, agar tetap nyaman selama trekking.

Hati-hati dengan bau darah dan parfum

Sebaiknya beritahu pemandu atau ranger bila ada anggota rombongan yang tengah haid atau terluka. Ini karena penciuman Komodo sangat sensitif dengan bau, terutama bau darah. Dengan memberitahu ranger, mereka jadi bisa menjagamu dan lebih berhati-hati selama trekking.

Selalu pergi dengan ranger

Seberapapun beraninya kamu, jangan sekali-kali berkunjung ke pulau Komodo sendirian tanpa ranger. Hal tersebut sangat berbahaya, mengingat kamu tidak mengetahui medan serta mengenal perilaku Komodo. Apalagi, beberapa waktu lalu terdapat kasus di mana wisatawan diserang oleh Komodo karena nekad trekking sendirian tanpa ditemani ranger. Selain itu, sengaja melakukan perbuatan berbahaya seperti ini, maka bisa termasuk ke dalam hal yang tidak ditanggung oleh asuransi perjalanan. Jadi, asuransimu akan percuma begitu saja. Karena itulah, sebaiknya berkunjung secara berkelompok ditemani ranger dan selalu ikuti petunjuk dari ranger bila ingin tetap aman.

Tetap waspada dan jangan lakukan gerakan tiba-tiba

Selama trekking, Komodo bisa berada di mana saja, karena itu sangat penting bagi kamu untuk tetap waspada. Jangan sampai kamu menginjak ekor Komodo yang tengah berjemur di antara rerumputan ya! Selain itu, sebaiknya jangan lakukan gerakan tiba-tiba atau berlebihan saat melihat Komodo atau selama trekking. Meski Komodo memiliki penglihatan yang buruk, namun mereka memiliki indra pendengaran yang sangat baik. Gerakan yang tiba-tiba bisa dianggap sebagai salah satu ancaman bagi Komodo, sehingga bisa saja mereka menyerangmu.

Lari zig-zag bila dikejar Komodo

Meski berukuran besar namun Komodo mampu berlari dengan sangat cepat. Nah, kalau kamu tengah bernasib sial dan dikejar oleh Komodo, maka hindarilah berlari lurus dan mulailah berlari secara zig-zag, kemudian carilah tempat yang tinggi seperti rumah panggung atau mungkin batu tinggi. Ini karena Komodo akan kesulitan untuk naik tangga.

Itu tadi beberapa tips penting bila kamu ingin mengunjungi pulau Komodo dengan aman. Nah, selamat menikmati liburanmu! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *