Tips Aman dan Asik Liburan ke Luar Negeri Pertama Kali

Jalan-jalan atau liburan ke luar negeri pastinya merupakan pengalaman yang menyenangkan dan ditunggu-tungggu. Namun buat kamu yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri, ini bisa jadi sesuatu yang membuatmu harap-harap cemas. Tenang saja, kamu tidak sendirian. Liburan ke luar negeri memang sedikit berbeda dengan liburan di negeri sendiri. Anda banyak hal yang mesti dipersiapkan, misalnya saja paspor dan visa serta asuransi perjalanan luar negeri untuk melindungimu selama di negara tujuan.

Liburan ke luar negeri pertama kali

Liburan ke luar negeri pertama kali

Nah, agar perjalanan pertamamu ke luar negeri lebih aman dan asik, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu:

Persiapkan Pasport

Pasport merupakan pengganti tanda identitas kita selama di luar negeri. Karena itulah, sangat penting untuk dimiliki dan sebaiknya jangan menunda-nunda atau mepet saat membuatnya. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis pasport, yakni Pasport biasa dan E-Pasport. Pilihlah sesuai dengan budget dan kepentinganmu.

Apakah kamu butuh Visa

Ini bagian yang sedikit ribet. Kamu harus cari tahu terlebih dulu jenis visa apa yang diperlukan untuk masuk ke negara tujuanmu. Misalnya saja visa biasa, atau visa on arrival. Bahkan, beberapa negara tetangga Indonesia terutama negara ASEAN tidak memerlukan visa, misalnya saja Singapura dan Malaysia. Sementara bila kamu berencana untuk berburu kuliner halal di Hongdae, Korea Selatan, maka kamu harus mengajukan visa terlebih dahulu ke kedutaan besar Korsel. Nah, agar pengajun visamu lancar dan dikabulkan, cari tahu bagaimana dan apa saja persayaratan pengajuan visa tersebut. Pastikan semua persyaratan yang diperlukan lengkap, karena biaya untuk pengajuan visa ini lumayan besar dan tidak akan kembali bila visamu ditolak, sayang, kan?

Cari tahu info mengenai negara tujuanmu

Bagaimana iklim cuaca saat kamu ke sana? Baju apa yang sebaiknya kamu pakai di sana? Bagaimana sistem transportasinya? Bahasa apa yang digunakan? Mudahkan mencari makanan halal di sana (buat kamu yang muslim)? Amankah bila wanita berjalan-jalan sendiri di malam hari? Dan lain sebagainya. Beda negara pastinya beda budaya dan kebiasaan, dan akan lebih baik bila kamu mengetahuinya agar kamu tidak kaget saat tiba nanti. Tidak ada salahnya juga kalau kamu mempelajari sedikit bahasanya agar lebih mudah saat berinteraksi (belanja).

Buat Itinerary

Agar perjalananmu nanti efisien dan mudah, buatlah itinerary lengkap dengan arah dan moda transportasi yang akan digunakan. Selain menghemat waktu, itinerary ini juga akan membantumu memperkirakan budget yang harus dikeluarkan nantinya.

Perlindungan Asuransi

Nah, ini step penting yang kadang dilupakan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan liburan kita, jadi akan lebih baik bila kita melindungi diri dengan menggunakan asuransi perjalanan. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan asuransi perjalanan dengan harga premi yang tidak terlalu tinggi, sehingga aman untuk budget kamu.

Itu tadi beberapa tips untuk kamu yang baru pertama kali ke luar negeri. Semoga membantu ya! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *