Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas Dengan Hose Reel

Dalam dunia pertambangan, semua komponen dan mesin memiliki fungsi penting untuk mendukung produktivitas. Termasuk juga penggunaan reel, baik hose reel maupun cable reel. Alat ini digunakan untuk menggulung kabel maupun selang sesuai dengan yang dibutuhkan. Ukuran reel pada industri pertambangan bisa beragam, tergantung pada ukuran media yang akan digulung. Begitu pula dengan material yang digunakan. Meskipun begitu, reel pada industri pertambangan wajib memiliki ketahanan yang kuat agar tidak hanya mendukung produktivitas saja, tetapi juga efisiensi biaya.

mining hose reel

mining hose reel

Seperti yang telah dijelaskan, reel digunakan untuk menggulung kabel dan selang. Namun umumnya, digunakan untuk menggulung selang yang berisi beragam jenis cairan. Seperti cairan pelumas, bahan bakar, dan beragam cairan kimia lainnya. Cara kerja alat ini adalah dengan menarik selang ketika dibutuhkan dan kemudian ketika selesai selang akan menggulung kembali secara otomatis (untuk sistem otomatis). Dengan begitu, selang tidak akan berceceran di lantai sehingga kemungkinan adanya pekerja yang tersandung atau pun kebocoran selang akibat terinjak akan sangat kecil.

Namun, jika reel yang digunakan memiliki kualitas tidak baik, maka proses tarik dan gulung akan terhambat. Bahkan ara pekerja mungkin harus meluangkan waktu lebih lama untuk kedua proses ini sehingga produktivitas akan menurun. Anda juga harus mengeluarkan uang untuk perbaikannya atau bahkan membeli yang baru jika sudah tidak bisa diperbaiki.

Tidak hanya itu, risiko selang mengalami kebocoran hingga cairan di dalamnya keluar juga akan meningkat. Sebab bukan tidak mungkin suatu saat selang akan ditarik paksa hingga akhirnya rusak. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya bukan? Apalagi jika ternyata cairan di dalamnya adalah cairan kimia berbahaya, maka Anda tidak hanya mengalami kerugian materi untuk mengganti reel yang rusak saja, tetapi juga biaya pengobatan semua pekerja yang terkena dampaknya.

Kerusakan reel dalam industri pertambangan bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya:

  • Tingkat kelembapan
  • Perubahan suhu yang ekstrem
  • Tingginya debu
  • Berbagai kandungan kimia
  • Udara dan angin
  • Sinar UV

Itulah sebabnya, sangat disarankan agar untuk kebutuhan industri pertambangan hanya menggunakan reel dari produsen yang khusus memproduksi reel dalam bidang ini. Sebab produsen ini tentunya sudah sangat memahami kondisi industri pertambangan dengan baik sehingga bisa menciptakan produk yang terjamin. Tidak perlu bingung mencari produsen yang seperti ini, karena Anda bisa menggunakan reel dari Hannay Reels. Reels yang diproduksi tidak hanya terjamin kualitasnya sesuai dengan kondisi pertambangan saja, tetapi Anda juga bisa memesan desain sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda pasti akan mendapatkan reel yang bisa mendukung efisiensi pengeluaran dan produktivitas para pekerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *