Tiga Jenis Filter Oli untuk Motor Anda

Tak hanya ganti oli motor saja, filter oli motor juga harus diganti dan dibersihkan secara berkala. Pasalnya, komponen ini bertanggung jawab untuk menyaring semua kotoran dari oli sebelum didistribusikan ke seluruh bagian mesin. Jika oli yang didistribusikan kotor, maka kinerja mesin tidak akan berlangsung secara sempurna. Tidak hanya itu, komponen mesin yang dilumasi dengan oli kotor akan berisiko mengalami baret. Filter oli yang jarang diganti juga bisa menjadi penyebab bocornya oli motor.

Lantas, kapan sih Anda harus mengganti filter oli motor ini? Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti. Semakin sering motor digunakan, atau semakin sering Anda berkendara di lokasi dengan tingkat polusi tinggi, maka filter ini pun harus semakin sering diganti.

Nah, sebelumnya, yuk kenali dulu tiga jenis filter oli untuk motor Anda. Berikut detailnya:

  1. Filter oli kertas. Filter ini termasuk ke dalam jenis filter oli yang mudah ditemukan di pasaran. Bentuknya ringan, namun bisa menyaring kotoran dengan baik dan menahannya di pori-pori kertas. Filter oli kertas berbentuk tabung dan dilengkapi dengan sekat berbahan kertas. Biasanya, filter ini digunakan untuk motor-motor sport, meski tak menutup kemungkinan dipasang pada motor jenis lainnya juga.
  2. Filter oli tabung. Sebetulnya, filter oli tabung ini tak ada bedanya dengan filter oli kertas. Hanya saja, filter yang satu ini dilengkapi dengan cover alumunium berbentuk tabung, sehingga disebut sebagai filter oli tabung. Tak hanya untuk motor, filter ini ternyata juga sering digunakan untuk mobil, lho. Sementara untuk motor, filter oli tabung cocok digunakan untuk motor dengan cc 250 ke atas.
  3. Filter oli stainless. Jika dibandingkan dengan dua filter di atas, filter oli stainless memiliki durabilitas tertinggi. Pasalnya, ketika filter oli ini kotor, Anda tak perlu menggantinya karena filter ini bisa dibersihkan. Bentuk filter oli stainless ini sama dengan oli filter kertas, namun alih-alih menggunakan kertas, sekat pada filter ini terbuat dari bahan stainless steel. Harganya memang lebih mahal dibanding dua filter di atas, tapi awet, kok. Jangan lupa untuk sering-sering dibersihkan, ya!

Itu dia tiga jenis filter oli untuk kendaraan Anda. Mana filter yang Anda pakai sekarang? Coba share, dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *