Takut Ditolak Saat Ajukan Visa? Coba Tips Ini!

Bagi Anda yang senang traveling ke luar negeri, Anda pastinya tahu bahwa ada beberapa negara yang sangat sulit untuk ditembus; sulit ditembus dalam artian negara ini terkenal ‘sering’ menolak pengajuan visa bagi wisatawan yang hendak bervakansi di sana. Tentunya, Anda tidak mau dong hal ini terjadi pada Anda? Masa sudah susah-susah menyusun daftar perjalanan, membeli tiket pesawat, memesan penginapan, dan mempersiapkan asuransi perjalanan, lalu harus berhenti di tengah jalan karena visa ditolak?

Untuk itu, Anda harus mengetahui tips dan trik untuk mengajukan visa agar lembaran kertas visa Anda diterima. Bagaimana caranya?

Kumpulkan informasi selengkap-lengkapnya tips-pengajuan-visa

Sebelum mulai mengajukan visa, Anda harus mencari semua informasi yang Anda butuhkan. Informasi itu bisa berupa informasi resmi yang dirilis oleh pihak kedutaan tentang dokumen yang harus dipersiapkan atau bisa berupa pemberitahuan informatif dari travel blogger yang pernah mengajukan visa ke negara tersebut. Anda akan berterima kasih kepada banyaknya informasi yang ada di internet tentang pengajuan visa ini. Ketika mengajukan visa pun, Anda akan merasa lebih percaya diri karena sudah dibekali informasi ini.

Persiapkan semua dokumen yang diminta

Setelah mengetahui semua informasi wajib yang tertulis di kedutaan, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya tanpa terkecuali. Jika masih ada dokumen yang belum Anda miliki, segera urus prosesnya secepat mungkin. Jangan sampai Anda datang ke kedutaan dengan dokumen yang kurang dan malah mempersiapkan alasan-alasan atas kurangnya dokumen tersebut. Percayalah, pihak kedutaan tidak ingin mendengar ocehan Anda. Jika dokumen lengkap, maka pihak kedutaan tidak punya alasan untuk menolak visa Anda, bukan?

Jaga saldo minimum dan rekaman transaksi di tabungan Anda

Beberapa negara memang tidak mensyaratkan jumlah minimum di tabungan Anda. Namun, ketika catatan tabungan Anda diminta untuk dilampirkan, pihak petugas kedutaan pastinya akan melihat rekam transaksi Anda. Jika saldo di tabungan Anda cukup untuk menghidupi Anda di negara tersebut selama liburan dan tidak ada transaksi mencurigakan, maka bukan tidak mungkin visa Anda akan disetujui tanpa terkecuali.

Jawab dengan jujur dan percaya diri proses interview-nya

Jika ketika mengajukan visa Anda diharuskan untuk melalui proses interview, jawab semua pertanyaan yang diajukan pewawancara dengan jujur dan percaya diri. Jelaskan apa maksud dan tujuan Anda mengunjungi negara tersebut, di mana Anda akan tinggal, kapan akan pulang kembali ke Indonesia, dan tempat apa saja yang ingin Anda kunjungi. Ketika melihat kesiapan Anda untuk mengunjungi negara tersebut, pihak kedutaan pasti akan meloloskan permohonan Anda.

Selain itu, sebenarnya jika paspor Anda sudah dipenuhi cap hasil perjalanan ke luar negeri sebelumnya, maka pihak kedutaan pun tidak akan ragu untuk meloloskan pengajuan visa Anda. Jadi, selamat mencoba, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *