Sulit Menyambung Pipa SNI Beda Material? Yuk Intip Tipsnya Disini!

Kita pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan pipa. Apalagi pipa berada dekat di sekitar kita. Namun, mungkin yang belum kita banyak ketahui adalah jenis-jenis dari pipa tersebut serta cara menyambung pipa SNI yang berbeda materialnya. Karena banyak orang akan menganggap bahwa beda material maka biasanya pipa akan sulit untuk disambungkan.

Tips Menyambung Pipa SNI Yang Berbeda Material

Cara Menyambung Pipa Beda Material

Bagi masyarakat yang masih awam mengenai saluran air akan sulit untuk menyambungkan pipa yang ada di rumahnya. Apalagi jika pipa tersebut berbeda materialnya. Nah, kamu bisa coba ikuti cara dibawah ini.

  1. Ketahui Tujuan Penyambungan

Adapun cara pertama yang harus diperhatikan bagi masyarakat adalah mengetahui tujuan dari penyambungan yang ingin dilakukan. Dimana biasanya tujuan penyambungan berbeda materialnya ini adalah untuk saluran air bersih seperti kontrol pada pipa air rumah.

Penyambungan Pipa SNI Yang Tepat

  1. Pilih Jenis Sambungan

Cara kedua yang tak kalah penting adalah memilih jenis sambungan atau ukuran serta tipe yang tepat. Tidak semua jenis pipa SNI bisa sembarang dipasangkan.

Oleh karena itu, membaca beberapa penjelasan mengenai ukuran dan tipe dari setiap penyambungan pipa adalah langkah yang tepat. Jika sudah mengetahui sedikit dari ukuran tersebut nah maka saatnya menyambungkan pipa.

  1. Metode Tepat

Dalam menyambungkan kedua pipa yang berbeda material ada metode yang cukup terkenal yaitu penggunaan fitting. Fitting juga dikenal dengan nama clamp saddle, valve socket, dan juga flange dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yaitu sok drat luat. Nantinya ini akan digabung dengan sok drat dalam atau faucet socket.

Selain itu bisa juga digabung dengan union thread (water mur). Contoh penggunaan metode ini adalah Koneksi HDPE berdiameter kecil dengan drat PVC. PVC dan HDPE adalah dua material pipa yang berbeda namun bisa disambungkan. Kamu bisa melihat lebih jelas pada gambar dibawah.

Pada intinya, orang awam juga harus bisa menyambungkan berbagai jenis pipa baik pipa SNI maupun pipa jenis lainnya. Agar kamu bisa merawatnya sendiri dan tidak perlu khawatir jika tidak ada yang bisa membantu kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *