Strategi dan Tips Menabung untuk Beli Apartemen

Selama ini apartemen dianggap sebagai hunian mewah yang hanya bisa dibeli oleh mereka yang memiliki simpanan uang banyak. Hal ini tidak lepas dari harga apartemen yang memang mahal. Misalnya saja harga apartemen alam sutera yang berkisar di atas Rp500 juta hingga miliaran. Meski begitu, jangan berkecil hati dulu, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki hunian vertikal dengan fasilitas lengkap ini, apalagi saat ini Anda bisa memanfaatkan kredit apartemen atau KPR dari bank. Asal Anda mau rajin menabung dengan beberapa tips berikut ini, Anda bisa juga kok memiliki apartemen impian Anda.

Ketahui jumlah DP dan cicilan yang harus dibayar

Sesuai dengan aturan pemerintah, besaran uang muka atau DP yang harus dibayar untuk kredit pemilikan apartemen adalah minimal sebesar 30% dari total harga apartemen. Besar memang, namun biasanya developer apartemen memiliki kebijakan sendiri yang bisa meringankan beban pembeli. Misalnya dengan memberikan keringan cicilan uang muka mulai dari 6 bulan hingga 1 tahun. Tanyakanlah kepada pihak developer mengenai kebijakan tersebut, dari situ Anda bisa tahu berapa banyak uang yang harus Anda persiapkan. Selain uang muka, Anda juga harus memperhatikan besaran cicilan per bulan yang harus dibayar. Besaran cicilan ini disesuaikan dengan besaran DP yang dibayarkan serta lamanya kredit yang diambil.

Menabung untuk beli apartemen

Menabung untuk beli apartemen

Mulai Menabung

Buat budget bulanan

Untuk mempermudah Anda menabung, buatlah budget pengeluaran bulanan. Pengeluaran ini mencakup segala kewajiban/pembayaran misalnya tagihan listrik, kartu kredit, serta biaya kebutuhan hidup dan hiburan Anda selama sebulan. Dengan begitu, Anda memiliki besaran dana tabungan tetap yang tidak akan diganggu gugat lagi.

Buatlah rekening khusus untuk tabungan apartemen

Tidak sedikit orang yang merasa tergoda untuk membelanjakan uangnya ketika melihat jumlah tabungannya yang besar. Inilah yang membuat proses menabung menjadi sulit.Untuk menghindarinya, sebaiknya buatlah rekeninng tabungan khusus untuk dana pembelian apartemen Anda.

Autodebet

Untuk menghindari kemungkinan Anda lupa untuk menabung, buatlah autodebet dari rekening utama Anda ke rekening khusus dana tabungan apartemen Anda setiap bulannya.

Tabung Bonus Anda

Dapat bonus akhir tahun atau THR? Segera tabungkan ke rekening dana apartemen Anda. Tahanlah keinginan Anda untuk membelanjakan bonus tersebut sebisa mungkin.

Itu tadi beberapa tips dan strategi dalam menabung untuk membeli apartemen. Ingat, jangan hanya melihat harga saat beli apartemen tetapi juga fasilitas dan kemudahan akomodasi. Semoga bisa membantu. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *