Simpan Pasta dengan Cara yang Tepat Agar Awet

Pasta menjadi salah satu makanan favorit masyarakat saat ini. Sebab rasanya nikmat dan membuatnya juga cukup mudah. Bahkan kamu tidak perlu waktu lama untuk membuatnya sehingga bisa menjadi menu tepat untuk dimasak saat pagi hari. Apalagi dengan tersedianya bolognese sauce with meat dari Pronas, kamu jadi tidak perlu repot lagi membuat saus pasta sendiri.

Nah, jika kamu termasuk pencinta pasta dan sering menyimpan stok pasta di rumah, apa kamu tahu bahwa menyimpan makanan ini ternyata tidak boleh sembarangan? Sebab, jika tidak disimpan dengan benar akan membuat makanan ini cepat rusak. Nah, berikut ini adalah beberapa cara simpan pasta yang tepat agar awet:

cara simpan pasta

cara simpan pasta

  • Pasta kering

Pasta kering artinya pasta mentah yang belum diolah dengan bumbu apapun atau direbus. Bisa berupa spaghetti, makaroni, dan sebagainya. Untuk pasta kering, penyimpanannya sebenarnya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyimpan dalam wadah tertutup dan jauhkan dari area yang lembap atau panas (terkena sinar matahari). Selama disimpan dengan cara ini, maka pasta kering akan selalu awet dan siap untuk kamu gunakan kapan pun.

  • Pasta matang

Tahukah kamu bahwa ternyata pasta matang bisa juga kamu simpan hingga beberapa hari lamanya? Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika tanpa sengaja membuatnya dalam porsi yang berlebih karena bisa kamu nikmati lagi nanti. Namun, ada baiknya jika kamu menyimpan pasta dalam kondisi bersih dan belum dicampur dengan bumbu atau saus pasta. Sebab pasta yang sudah dicampur akan membuat pasta menjadi basah dan kurang nikmat untuk dinikmati. Jangan lupa juga untuk memberikan minyak sedikit saja pada pasta sebelum menyimpannya agar tidak saling lengket.

Lalu, bagaimana jika pasta sudah terlanjur dicampur dengan bumbu?

Tidak masalah, kamu bisa menyimpannya dalam beberapa wadah plastik dengan ukuran 1 porsi (tergantung kebutuhan sekali makan) dan kemudian simpan dalam freezer. Saat akan dinikmati, kamu bisa memanaskannya menggunakan microwave selama beberapa saat.

Tidak sulit, kan? Jadi pastikan mulai sekarang kamu menyimpan pasta dengan cara yang tepat, ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *