Sering Lelah Menyetir Mobil? Perhatikan Posisi Duduk!

Bagi Anda yang berkomuter dari rumah ke kantor dengan menggunakan mobil pribadi, pastinya merasakan banyak struggle di perjalanan. Satu hal yang paling terasa adalah punggung yang terasa lelah karena menyetir ketika berangkat dan pulang kerja. Tidak peduli sebagus apa pun mobil Anda dan semahal apa asuransi mobil yang Anda miliki, jika perasaan lelah ini sering melanda Anda itu berarti ada yang salah dengan gaya mengemudi Anda. Untuk itu, agar bisa menyetir dengan aman dan nyaman, sebaiknya ikuti tips di bawah ini.

Lelah saat menyetir mobil

Lelah saat menyetir mobil

Posisi duduk yang nyaman

Sebelum mulai mengemudi, pastikan bahwa posisi duduk sudah nyaman. Ini penting untuk dicek dan diperhatikan lebih lanjut sebab ketika mengemudi dan Anda merasa tidak nyaman, maka akan sulit untuk mengubah posisi duduk. Pastikan posisi pinggul dan pundak bersandar dengan nyaman di sandaran tempat duduk dan usahakan agar tidak duduk terlalu tegak.

Kenakan sabuk pengaman

Setelah duduk dengan nyaman, hal lain yang harus Anda lakukan adalah memasang sabuk pengaman. Jangan pernah menyetir mobil tanpa menggunakan sabuk pengaman meski jaraknya cukup dekat. Pastikan sudah terdengar bunyi klik dan sabuk terpasang dengan benar.

Pastikan kaki dapat menjangkau pedal dengan baik

Duduk sudah nyaman, sabuk pengaman sudah terpasang, dan kini saatnya Anda ‘merasakan’ kaki-kaki Anda menjangkau tuas. Adakalanya, posisi kursi yang terlalu menyandar ke belakang membuat kaki Anda susah menjangkau pedal. Jika hal ini terjadi, tidak ada salahnya Anda memajukan kursi Anda dengan tetap mempertahankan kenyamanan dan pastinya keamanan.

Cek kaca spion kendaraan

Pastikan spion mobil Anda berada dalam posisi yang benar dan bisa terlihat. Dalam artian, sesuai dengan jarak pandang Anda ketika duduk di kemudi.

Posisi tangan

Ketika Anda sudah duduk dengan nyaman, kini saatnya mengecek posisi tangan Anda di kemudi. Posisi tangan yang baik ketika mengemudi adalah meletakkan tangan di arah jam 3 dan jam 9. Mengapa demikian? Pasalnya posisi tangan ini memudahkan Anda untuk mengoperasikan tuas-tuas yang ada di sekitar kemudi.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa lebih nyaman dan aman serta tidak merasa lelah saat menyetir mobil dengan aman dan nyaman. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *