Sering Flu atau Lama Sembuh, Coba Atasi dengan Cara Ini

Flu merupakan salah satu penyakit yang cukup sering menyerang siapapun. Apalagi ketika sedang masa peralihan musim atau musim pancaroba. Biasanya pada masa tersebut akan semakin banyak orang yang memanfaatkan asuransi kesehatan keluarga miliknya untuk menanggung biaya berobat atas penyakit tersebut.

Namun, bagaimana jika setelah berobat ke dokter flu masih juga belum sembuh? Kalaupun sembuh, penyakit ini seperti mudah untuk kembali lagi. Kalau setiap kali flu datang harus ke dokter tentunya akan merepotkan, kan? Belum lagi harus terus menerus mengonsumsi obat-obatan yang diberikan, pastinya tidak akan baik dampak jangka panjangnya untuk tubuh.

flu tidak kunjung sembuh

flu tidak kunjung sembuh

Nah, jika Anda sedang atau termasuk sering mengalaminya, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Perkuat daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh merupakan sistem alami tubuh dalam melawan berbagai bakteri, virus, atau hal asing lain yang masuk ke dalam tubuh. Ketika daya tahan tubuh Anda kuat, maka kemungkinan Anda terserang penyakit akan lebih kecil. Meskipun mungkin sekitar Anda banyak yang sedang terserang virus flu sekalipun. Sebab, daya tahan tubuh Anda akan mampu melawan virus yang masuk dari luar sehingga Anda tetap sehat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi suplemen atau multivitamin, dan pastinya cukup istirahat. Selain itu, Anda juga wajib memiliki pengelolaan stres yang baik karena kondisi psikis juga sangat memengaruhi daya tahan tubuh.

  • Jaga kebersihan.

Lingkungan yang kotor akan menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya kuman. Itulah sebabnya, jika Anda jarang membersihkan area tempat tinggal, kamar, atau meja kerja Anda, maka kemungkinan Anda terserang flu akan semakin besar. Apalagi jika Anda termasuk orang yang alergi dengan debu, membersihkan area tersebut secara berkala wajib untuk dilakukan.

Untuk membantu Anda, ada baiknya jika Anda menghindari meletakkan terlalu banyak barang di tempat tinggal ataupun meja kerja Anda. Apalagi jika sudah jelas semua itu akan jarang digunakan, maka menyingkirkan berbagai barang tersebut sangat disarankan. Jika tidak, maka barang-barang tersebut akan menjadi sarang debu dan membuat risiko Anda terserang flu semakin meningkat.

Jika Anda sudah berusaha mencegahnya tetapi flu masih juga datang, maka ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter dan ceritakan semua keluhan Anda. Sebab, flu yang tak kunjung sembuh terkadang juga merupakan tanda adanya penyakit yang lebih serius dalam tubuh kita. Dengan mengetahuinya lebih awal, penanganan dini yang tepat dapat segera dilakukan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *