Sekat Kaca untuk Alternatif Interior Apartemen Mungil

Bagi kamu yang tinggal di apartemen mungil, memasang sekat untuk memisahkan satu ruang dengan ruangan lainnya merupakan tindakan yang kurang bijaksana. Sebab sekat justru akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan juga sesak. Namun demikian, bukan berarti kamu tak bisa membuat batasan di ruang apartemenmu, lho. Kamu tetap bisa, asalkan memilih sekat yang tepat yaitu dengan menggunakan kaca atau bahkan glass film.

Ya, keterbatasan ruang di apartemen mungil memang mengharuskan kamu untuk cerdik dalam menata interior. Nah, kaca muncul sebagai alternatif untuk kamu yang membutuhkan penyekat ruangan namun tanpa membuat penuh ruangan. Kaca memiliki tampilan transparan dan tembus pandang, sehingga akan membuat ruangan tampak lebih luas meskipun bersekat.

sekat kaca untuk apartemen

sekat kaca untuk apartemen

Sekarang ini, para arsitek serta desainer interior memang sudah mulai menjadikan kaca sebagai elemen wajib untuk menata apartemen studio yang identik dengan luas terbatas. Pasalnya, kaca mampu mempertahankan konsep open space yang kerap diusung oleh apartemen. Kaca tak hanya membatasi ruang dengan ruangan lain saja, tetapi juga menambah estetika ruang yang tidak memakan tempat. Penggunaan kaca juga membuat kamu tak terlalu tergantung dengan lampu karena keberadaan kaca membuat ruangan terasa lebih terang karena sifatnya yang memantulkan sinar matahari.

Pengaplikasian kaca sebagai sekat ruang bisa diterapkan pada ruang tamu dengan ruang makan, misalnya. Alih-alih menggunakan sekat kayu atau menggunakan rak, memasang kaca sebagai sekat bisa dijadikan pilihan. Atau bisa juga menggunakan frosted glass serta jenis kaca film yang khusus untuk ruangan jika kamu membutuhkan privasi. Untuk  modifikasi lainnya, kamu juga bisa menggunakan pintu geser bermaterial kaca. Kamar tidur, dapur, ruang tamu, semuanya bisa dipisahkan dengan pintu geser. Pintu geser atau sliding door merupakan sekat yang cukup fleksibel karena bisa dibuka atau ditutup saat dibutuhkan.

Namun demikian, sebagai tips, baiknya cek pula keseluruhan ruang di apartemenmu sebelum menambahkan sekat. Tentukan bagian mana yang hendak dipisahkan dan barulah pasang kaca. Tidak semua ruang perlu dibatasi, jadi baiknya pilih yang esensial saja. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *