Segudang Manfaat Bit Bagi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan memang sangat penting bagi setiap orang. Ini tidak lepas dari semakin padatnya kegiatan masyarakat, tingkat polusi yang makin tinggi, ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat, membuat orang semakin mudah untuk terjangkit penyakit. Namun, memiliki asuransi kesehatan saja tidak cukup. Asuransi bermanfaat ketika kita sudah terjangkit penyakit, sementara bukankah lebih baik bila kita bisa menjaga kesehatan sebelumnya?

Nah, karena itulah memiliki gaya hidup yang sehat juga menjadi penting bagi masyarakat, dimulai dengan asupan makanan yang bergizi dan kaya manfaat bagi kesehatan. Salah satu sumber asupan yang bergizi adalah “bit”. Pernah mendengar “bit”? Bit yang termasuk dalam umbi-umbian saat ini tengah populer di kalangan masyrakat. Tidak heran, karena saat ini bit disebut-sebut sebagai “makanan super” yang memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan.

segudang-manfaat-bit

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus bit dapat menurunkan angkat sistol dalam tekanan darah sebanyak 4-5 poin. Ini keran kandung nitrat dalam bit yang akan berubah menjadi nitric oxide dalam tubuh ketika dikonsumsi. Nitric oxide berfungsi untuk membantu merelaksasi dan melebarkan saluran darah sehingga memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanannya.

Mencegah kanker

Kandungan betasianin dalam bit sangat berguna untuk melawan sel kanker. Dikutip dari The Health Site, penelitian yang dilakukan di Howard University, Washington DC, AS, menemukan bahwa kandungan betasyanin ini dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor sebanyak 12,5% pada pasien dengan kanker payudara dan prostat.

Mengobati anemia

Bit mengandung zat besi (iron) dalam jumlah besar yang sangat berguna bagi penderita anemia. Kandungan besi ini dapat membantu membentuk haemagglutini,  merupakan bagian dari darah yang membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi ke bagian tubuh lainnya.

Meningkatkan stamina

Dikutip dari Mercola, mereka yang mengonsumsi jus bit sebelum berolahrga dikatakan dapat berolahraga 16% lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Ini karena bit mengandung kalori yang rendah namun juga gula yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai sumber energi yang tinggi.

Membantu detoks tubuh

Berencana melakukan detok? Cobalah dengan bit ini! Pigmen betalin dalam bit membantu proses detosifikasi tubuh tahap 2, yakni ketika ketika racun yang sudah terurai dalam tubuh terikat dengan molekul lainnya agar bisa dikeluarkan dari tubuh. Selain detoksifikasi, bit juga baik untuk membantu membersihkan darh dan hati.

Bagaimana, siap mencoba jus bit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *