Segera Lakukan Ini Saat Kamu Menjadi Penyebab Kecelakaan

Sudah memiliki asuransi mobil untuk melindungi kendaraanmu bukan berarti membuatmu siap untuk menghadapi kecelakaan. Sebab, ketika terjadi kecelakaan akan ada banyak kerugian yang terjadi, tidak terbatas pada masalah perbaikan kendaraan saja. Terlebih lagi, jika kamu yang menjadi penyebab sebuah kecelakaan.

Tentunya, posisimu sebagai penyebab kecelakaan akan lebih rumit dibandingkan dengan posisi sebagai korban yang terlibat kecelakaan. Itulah sebabnya, kamu sebaiknya tahu apa yang harus dilakukan saat kamu mengalami hal ini agar semua pihak yang dirugikan bisa mendapat keadilan.

setelah kecelakaan mobil

setelah kecelakaan mobil

Dalam situs billgreen dijelaskan beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mengalaminya, yaitu:

  • Jangan kabur karena ini merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, hal ini juga bisa menyulitkanmu jika seandainya kasus kecelakaan ini sampai ke ranah hukum.
  • Jangan langsung meminta maaf pada korban yang terlibat tetapi cobalah untuk menganalisa kembali kecelakaan tersebut. Dalam kondisi ini, mungkin kamu akan merasa panik sehingga langsung mengakui kesalahanmu dan meminta maaf. Padahal hal ini sebaiknya tidak dilakukan khususnya jika kecelakaan nantinya akan berujung ke jalur hukum. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan:
    1. Bicara dengan sopan dan tenang. Meskipun kamu dilarang langsung mengakui kesalahan, bukan berarti kamu jadi membela diri dan justru memperkeruh suasana.
    2. Periksa semua pihak yang terlibat untuk melihat seberapa parah kondisi korban kecelakaan. Apakah ada yang membutuhkan bantuan medis segera? Jika ada, maka segera hubungi pihak medis untuk meminta bantuan.
    3. Segera hubungi pihak kepolisian. Sambil menunggu pihak kepolisian datang, kamu bisa kembali menganalisa kecelakaan yang terjadi untuk memastikan hal yang sebenarnya. Tetap ingat, jika memang kesalahan ada di pihakmu jangan pernah berusaha mencari pihak lain untuk disalahkan. Setelah polisi datang, ikuti aturan yang berlaku dan instruksi yang diberikan oleh pihak kepolisian.
    4. Kumpulkan barang bukti dan juga saksi yang melihat langsung kecelakaan tersebut. Tidak ada salahnya jika kamu meminta kontak mereka sebagai cadangan jika suatu saat nanti diperlukan.
    5. Ambil foto mengenai kecelakaan tersebut dari berbagai sisi sebagai persiapan seandainya dibutuhkan di kemudian hari atau untuk pengajuan klaim asuransi kendaraan.

Di Indonesia sendiri, banyak kecelakaan kendaraan yang umumnya diselesaikan secara kekeluargaan tanpa melibatkan hukum. Keberadaan polisi hanya untuk pendataan mengenai kecelakaan tersebut saja. Namun, jika kamu mengambil langkah yang salah dan justru membuat keluarga korban merasa dirugikan, maka bukan tidak mungkin mereka akan membawa kasus tersebut ke jalur hukum dan kerugian yang kamu derita bisa semakin besar.

Intinya adalah, kamu harus tetap tenang dalam menghadapi situasi ini dan wajib untuk bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *