SAP, Sistem yang Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan

Perusahaan besar pasti akan terus mencari cara untuk mengembangkan bisnisnya mengingat persaingan dalam era modern ini semakin ketat. Para pengembang bisnis dituntut untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Salah satu cara untuk melancarkan proses bisnis dalam sebuah perusahaan besar adalah dengan memilih tools untuk mengotomatisasi proses bisnis yang tepat. Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa terdapat beberapa SAP Partner Indonesia yang bisa membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan kecepatan dan kualitas dari proses bisnis Anda.

SAP software

SAP software

Namun sebelumnya, sudahkah Anda mengenal lebih dalam tentang SAP? SAP merupakan singkatan dari System Application and Product in data processing yang menyediakan software Enterprise Resources Planning (ERP). Ya, bisa dibilang SAP merupakan nama terdepan dari ERP. Software ini dimaksud untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operiasional supaya lebih efisien dan efektif.

SAP umumnya hanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar karena harganya tergolong mahal. Jika digunkana untuk perusahaan kecil dan menengah, tentu bisa membuat cost yang dikeluarkan terlalu besar. Harga SAP ini pun bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Mengapa mahal? Pasalnya ada banyak fungsi dan keuntungan yang ditawarkan dari SAP. Seperti apa? Nanti akan kita bahas di bawah ini.

Biasanya perusahaan mengimplementasikan program SAP dengan bantuan konsultan SAP. Semua pekerjaan dengan SAP dilakukan melalui Graphical User Interface atau GUI. GUI ini akan menyajikan tampilan-tampulan untuk para user yang nantinya mereka dapat memasukkan data dan mendapat beberapa informasi yang diambil dari database. Meskipun bagi beberapa orang mengoprasikan program SAP ini mungkin tidak begitu sulit, tetap saja diperlukan beberapa pelatihan.

Sekarang mari kita bahas secara lebih lanjut apa fungsi dari SAP ini. Perlu diketahui, SAP memiliki beberapa modul yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Berikut ini beberapa kegunaan SAP pada perusahaan:

  • Meningkatkan efisiensi kegiatan operasional yang berkaitan dengan customer order.
  • Membantu melancarkan proses pembelian dan pengelolaan invetory.
  • Membantu proses perencanaan dan kontrol kegiatan produksi.
  • Mempermudah proses finansial.
  • Mengkontrol cost accounting.

Dengan SAP, data akan terupdate secara langsung atau “real time processing” yang akan sangat membantu jalannya proses bisnis suatu perusahaan besar seperti perusahaan multinasional misalnya. Bagaimana, apakah kini Anda sudah lebih mengenal apa itu SAP? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *