3 Alasan Reksa Dana Syariah Pilihan Tepat untuk Investasi

Sebagai negara dengan penduduk penganut agama Islam terbesar di dunia, kebutuhan akan instrumen investasi yang sesuai dengan syariah Islam tentunya tinggi. Karena itulah, investasi reksa dana syariah kini makin banyak dilirik sebagai pilihan investasi. Nasabah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, karena investasi ini memiliki lima jenis reksa dana syariah yang bisa dipilih. Perbedaan terbesar antara reksa dana syariah dengan konvesional adalah adanya akad syariah, mulai dari akad kerjasama (musyarokah) hingga akad bagi hasil (mudharabah). Meski memiliki nama syariah, namun siapa saja bisa melakukan investasi reksa dana ini, tidak eksklusif untuk kaum muslim saja.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa reksa dana syariah adalah pilihan tepat alternatif investasi untuk Anda.

Reksa dana syariah investasi terbaik

Reksa dana syariah investasi terbaik

Aman dan Halal

Seperti telah dijelaskan sebelumnya investasi syariah dijalankan sesuai dengan prinsip syariah. Perusahaan penerbit instrumen investasi tidak boleh melakukan usaha yang bertentangan dengan prinsip-prinsip islam, misalnya saja perusahaan tidak boleh berhubungan dengan bisnis hiburan maksiat seperti pornografi dan perjudian, atau hal-hal yang berbau riba. Selain itu, prinsip syariah juga menjunjung prinsip kejujuran, sehingga tidak diperbolehkan juga melakukan strategi investasi yang berbau spekulasi yang mengandung gharar, seperti najsy (penawaran palsu), riba, ihtikan, dan masyir.

Untuk memastikan invetasi berjalan sesuai dengan prinsip syariah, berbeda dengan reksa dana konvesional yang hanya diawasi oleh Bapepam saja, proses investasi syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Biaya investasi yang terjangkau

Dana minimum untuk pembukaan invetasi reksadana syariah termasuk rendah dan cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 hingga Rp15.000 saja. Ini tentunya sangat berbeda dengan nilai rata-rata dana minimum pembelian reksdana konvensional lainnya. Sementara saat melakukan pembelian dan penjualan produk reksadana ini tidak dikenakan biaya transaksi sama sekali. Sehingga Anda dapat menarik atau mencairkannya kapan saja.

Proses yang mudah

Untuk memulai investasi reksa dana syariah dapat dilakukan dengan mudah. Anda cukup membelinya melauia manajer investasi syariah baik secara langsung atau secara online yang tentunya lebih mudah. Selanjutnya dana Anda akan dikelola oleh manajer invetasi atau agen Aperd (Agen Penjual Reksadana) tersebut.

Itu tadi 3 alasan reksa dana syariah adalah pilihan tepat untuk  invetasi Anda. Bagaimana, tertarik? (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *