Ragam Kuliner Nasi di Surabaya

Surabaya menjadi salah satu industri pariwisata di Indonesia yang terus berkembang. Surabaya tak hanya kaya dengan sejarahnya saja, tetapi juga dengan ragam kulinernya. Tidak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Surabaya selalu menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner di Surabaya yang terkenal dengan rasanya yang khas. Salah satunya adalah ragam kuliner nasi berikut ini. Cek beberapa ragam kuliner nasi yang harus dicoba saat berkunjung ke Surabaya:

Kuliner Surabaya

Kuliner Surabaya

  1. Nasi Goreng Jancuk

Jika mendengar kata ‘Jancuk!’, satu hal yang terlintas di benakmu adalah arek Suroboyo. Nah, kalau kamu berkunjung ke Surabaya, maka makanan yang harus kamu coba adalah Nasi Goreng Jancuk. Nasi goreng ini sebetulnya tidak begitu berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Hanya saja, tingkat kepedasan nasi goreng ini berada di atas rata-rata dan membuat siapa pun yang memakannya menyebut ‘Jancuk!’ saking pedasnya. Bahkan, tahukah kamu bahwa untuk membuat sepiring nasi goreng ini cabai yang digunakan adalah sekitar setengah kilo? Wah, tidak terbayang seperti apa pedasnya, ya!

  1. Nasi Krawu

Ingin menyantap nasi yang pedas manis? Maka, Nasi Krawu adalah pilihan yang tepat untukmu. Kamu bisa dengan mudah menemukan Nasi Krawu di Surabaya. Nasi Krawu sendiri merupakan nasi yang disajikan dengan taburan serundeng, semur daging, jeroan sapi, dan juga sambal terasi. Perpaduan manis, gurih, serta pedas dari Nasi Krawu ini menjadi kombinasi ampuh yang membuat lidahmu bergoyang. Nikmat!

  1. Nasi Rawon Setan

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya tanpa menyantap rawon setan. Meski disebut sebagai rawon setan, yang pastinya identik dengan rasa pedas, rawon ini tidak memiliki warna kuah yang merah, lho. Yang ada justru sebaliknya, kuah rawon ini berwarna hitam. Selidik punya selidik, warna hitam ini berasal dari buah kluwak yang digunakan untuk menambah rasa gurih dari rawon. Kuahnya terasa pedas, gurih, dan juga nikmat begitu disantap dengan daging sapi di dalamnya beserta nasi panas.

  1. Nasi Pecel

Sudah jauh-jauh ke Surabaya, masa sih hanya makan nasi pecel? Eits, jangan salah! Nasi Pecel Surabaya memiliki rasa yang agak berbeda dengan pecel yang biasa kita konsumsi di Jakarta. Kamu bisa coba nasi pecel yang dijual di Nasi Pecel Madiun Bu Sri yang terletak di Jl. HR Muhammad atau mencoba membelinya di sekitar perempatan Delta Plaza. Murah, kenyang, dan pastinya nikmat!

Itu dia empat ragam kuliner nasi yang ada di Surabaya. Jangan lupa cicipi semuanya ketika sedang liburan atau berkunjung ke sana, ya. Selamat mencoba! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *