Pemain Futsal Pemula Wajib Persiapkan Perlengkapan Ini

Olahraga futsal kini kian dinikmati oleh masyarakat, terutama oleh kalangan muda. Bahkan bukan hanya pria, kini banyak juga wanita yang pandai menggiring bola di atas rumput futsal. Futsal bisa dibilang merupakan cabang olahraga dari sepakbola versi mungil sebab futsal memerlukan lapangan yang lebih kecil dan pemain yang lebih sedikit. Selain itu, sepakbola umumnya dimainkan dalam stadion terbuka, futsal bisa dilakukan di dalam lapangan indoor maupun outdoor.

Persiapan pemain futsal

Persiapan pemain futsal

Nah, mengingat banyaknya peminat olahraga yang satu ini, mungkin kamu yang sebelumnya jarang bermain futsal juga mulai tertarik untuk menekuni olahraga yang satu ini. Mudah saja, untuk bermain futsal, kamu cukup mempersiapkan beberapa peralatan ini.

  1. Bola Kaki

Bola yang digunakan untuk bermain futsal memiliki standar khusus yang perlu kamu ketahui. Umumnya bola futsal terbuat dari kulit dan ukuran standarnya adalah 4 dengan keliling 62-64 cm, berat 0,4-0,44 kg. Pada lambungan pertama, bola bisa melambung sekitar 55-56 cm.

  1. Sepatu

Untuk bermain futsal, kamu memerlukan sepatu khusus.  Selain melindungi kakimu, sepatu futsal yang nyaman juga dapat memengaruhi performamu saat bermain futsal. Karena itu, pilihlah sepatu futsal yang nyaman dan sesuai dengan keperluan, tidak mesti yang berharga mahal kok. Namun kalau kamu menginginkan desain yang stylish biasanya harga sepatu futsal tersebut lebih mahal.

  1. Kostum

Pada sebuah permainan futsal, kostum berperan untuk menandakan kedua tim yang berbeda. Selain itu, kostum juga bisa berfungsi untuk membuat para pemain lebih mengenali masing-masing pemain berdasarkan nama dan nomor punggung. Biasanya kostum futsal berbahan spandex. Pastikan kamu memilih kostum dengan bahan yang menyerap keringat supaya lebih nyaman.

  1. Pelindung/Dekker

Pelindung atau dekker ini juga penting untuk kamu persiapkan. Dalam permainan, tidak jarang terjadi kontak fisik yang berisiko. Tanpa perlindungan yang cukup, bagian tubuhmu bisa celaka atau cedera jika terjadi benturan atau insiden lainnya. Karena itu, tetap utamakan keamanan dalam bermain futsal dan gunakan pelindung kaki, tangan, bahkan kepala.

Kurang lebih seperti itulah peralatan yang kamu butuhkan untuk bermain futsal. Cukup simpel bukan? Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *