Perpustakaan Tercantik di Dunia

Don’t judge a book by its cover. Pepatah ini mungkin sudah pernah kita dengan selama puluhan tahun, sejak sudah bisa membaca hingga sudah sebesar sekarang. Pepatah yang mungkin saja benar, namun tidak sepenuhnya benar juga karena mata kita sudah terbiasa untuk melihat sesuatu yang indah-indah. Seperti melihat properti Indonesia, misalnya. Kita akan merasa tertarik untuk melihat sebuah gedung yang secara visual terlihat indah dan menawan, kemudian barulah memutuskan untuk mengunjunginya. Visual is matter, just like the first impression.

Bagi Anda yang sangat mencintai buku, berikut ini kami berikan empat daftar perpustakaan tercantik di dunia yang akan membuat Anda berpikir bahwa don’t judge a book by it’s cover tidak sepenuhnya benar.

Stockholm Public Library, Stockholm 

Perpustakaan ini didesain oleh arsitek Swedia yang bernama Gunnar Asplund. Asplund sendiri merupakan seorang arsitek yang namanya sudah mendunia karena karyanya di Skandia Cinema dan juga Woodland Cemetery yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage. Stockholm Public Library terkenal karena main hall-nya dipenuhi dengna buku-buku berbahasa Nordic dan juga textured roof yang terlihat seperti awan. Seolah ingin menambah keindahannya, bagian rak dan langit-langitnya pun diberi detail pahatan yang sangat menawan dan membuat semua orang terpesona.

Strahov Monastery Library, Praha 

Strahov Monastery Library

Strahov Monastery Library

Founded in 1143, bangunan ini telah mengalami banyak cobaan seperti perang, kebakaran, dan juga bencana lain hingga pada akhirnya dibangun kembali menjadi sebuah perpustakaan di tahun 1679. Perpustakaan ini dikenal karena langit-langitnya yang ditutupi oleh biblical frescoes dan compilation wheel di mana rak bukunya bisa terputar sendiri untuk memudahkan proses pencarian buku tanpa harus repot-repot.

 

State Library of South Australia, Adelaide

State Library of South Australia

State Library of South Australia

Bangunan properti perpustakaan ini merupakan contoh nyata dari sebuah perbandingan yang kontras. Bagaimana tidak, State Library of South Australia ini memiliki eksterior yang sangat modern dengan glass box dan desainnya yang futuristik. Namun, begitu melangkahkan kaki ke dalamnya, interior yang terasa pun sangat berkebalikan. Pengunjung seolah berada di sebuah setting film Harry Potter dengan langit-langit tinggi penuh buku dan furnitur yang klasik.

 

Richard J. Riordan Central Library, Los Angeles

Bangunan bergaya art deco di bagian eksterior ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika Richard J. Riordan Central Library ini termasuk ke dalam perpustakaan yang terindah di seluruh dunia. Bagian dalamnya dihiasi dengan elegant rotunda yang bagian tengahnya terdapat bronze chandelier dan ukiran dekoratif yang menggambarkan kejadian histroris dari California.

Tertarik untuk mengunjunginya? (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *