Perpanjangan Asuransi Mobil secara Otomatis

Memiliki asuransi kendaraan tentunya merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik mobil. Asuransi mobil berguna untuk melindungi finansial Anda bila terjadi kehilangan atau kerusakan pada mobil Anda, entah karena kecelakaan atau sebab lainnya. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi juga mengijinkan pemilik kendaraan melakukan klaim asuransi walaupun terkena banjir. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bukan? Mengingat biaya perbaikan untuk mobil bisa memakan biaya yang cukup besar. Itulah sebabnya, kebanyakan orang merasa was-was ketika harus menggunakan mobilnya tanpa menggunakan asuransi, entah karena belum membeli atau belum melakukan perpanjangan asuransi.

Tidak memiliki asuransi mobil karena lupa memperpanjangnya ternyata dialami oleh beberapa orang. Namun, masalah tersebut bisa dengan mudah dihindari karena saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang memberikan fasilitas perpanjangan asuransi mobil secara otomatis atau auto renewal. Dengan begitu, meski Anda lupa tanggal perpanjangan asuransi, Anda bisa tetap nyaman berkendara karena sudah terlindungi secara otomatis.

Perpanjangan asuransi mobil

Perpanjangan asuransi mobil

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan perpanjangan asuransi secara otomatis ini, misalnya saja:

  1. Lebih mudah dalam melakukan perpanjangan karena sudah dilakukan secara otomatis.
  2. Menghindari pemutusan perlindungan asuransi karena keterlambatan pembayaran polis.
  3. Membantu Anda untuk lebih mudah dalam merencakan keuangan Anda ke depannya.

Tapi, meski banyak memiliki kentungan, melakukan perpanjangan polis asuransi secara otomatis juga tetap harus dilakukan secara hati-hati. Ini untuk menghindari kerugian, terutama bila Anda berencana untuk menjual mobil Anda dalam waktu dekat. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih perpanjangan asuransi mobil secara otomatis.

Memahami sistem perpanjangan

Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki sistem dan kebijakan masing-masing yang berbeda. Misalnya saja tidak semua perusahaan memberikan layanan perpanjangan otomatis, atau layanan tersebut ternyata hanya berlaku selama satu periode saja, tidak selamanya. Karena itulah, penting sekali untuk memahami bagaiman sistem perpanjangan perusahaan asuransi Anda. Bila ternyata perpanjangan otomatis hanya berlaku selama satu atau dua periode saja, maka sebaiknya minta agen atau pihak asuransi untuk mengingatkan Anda saat tanggal jatuh mendekati.

Tarif premi dan biaya perpanjangan

Sebelum mulai menyetujui perpanjangan secara otomatis, pastikan Anda sudah melakukan perbandingan harga premi. Jangan sampai Anda terpaksa harus membayar premi dalam jumlah yang besar karena sudah keburu melakukan perpanjangan secara otomatis. Sebelum melakukan perpanjangan ada baiknya untuk coba melakukan negosiasi terif premi baru kepada pihak asuransi untuk mendapatkan premi yang lebih rendah.

Selain tarif premi, bandingkanlah juga biaya perpanjangan secara otomatis dan manual, mana yang lebih murah dan menguntungkan bagi Anda.

Pastikan dana tabungan mencukupi

Bila Anda membayar polis dengan menggunakan auto-debet, maka pastikan jumlah dana dalam rekening auto-debet tersebut mencukupi. Jangan sampai proses perpanjangan otomatis Anda gagal karena Anda terlambat membayar polis yang disebabkan oleh dana tabungan tidak mencukupi.

Rencana menjual mobil

Bila Anda berencana untuk menjual mobil dalam waktu dekat, maka sebaiknya lakukanlah perhitungan apakah akan lebih menguntungkan untuk memperpanjang polis secara otomatis atau lebih baik dihentikan saja.

Setelah memperhatikan hal tersebut, maka Anda bisa menentukan apakah perpanjangan asuransi mobil secara otomatis menguntungkan atau tidak bagi Anda. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *