Permainan Anak Tahun 90-an, Masih Ingat?

Kalau kamu perhatikan, permainan anak jaman sekarang sangat berbeda jauh dengan anak-anak jaman dulu atau setidaknya jaman tahun 1990-an lalu. Mereka lebih senang bermain dengan gadget daripada dengan teman sebayanya. Bahkan anak-anak yang tinggal di apartemen mewah seperti luxury residence Mega Kuningan yang meskipun memiliki space bermain seperti play ground, bisa dipastikan kebanyakan tetap lebih memilih main dengan gadget canggihnya.

Memang  sih, canggihnya gadget zaman sekarang tidak bisa dibandingkan dengan gadget masa-masa kecil kita zaman dulu. Bisa jadi, bila gadget zaman kita kecil dulu sama canggihnya seperti zaman sekarang, kita juga akan lebih memilih bermain gadget. Tapi, meskipun tidak canggih, permainan anak zaman 90-an tetap tidak kalah menyenangkan dengan permainan pada gadget zaman sekarang, plus kita bisa bersosialisasi dengan teman sebaya.

Nah, buat kamu anak 90-an yang rada lupa-lupa dikit sama permainan zaman dulu, berikut beberapa permainan yang pernah kamu dan temannmu mainkan dulu:

Main petak umpet

Main petak umpet

Petak Umpet

Ini mungkin adalah permainan yang paling sering dimainkan oleh anak-anak kecil zaman dulu. Selain menyenangkan, permainan ini juga membantu mengasah otak kita loh, karena kita harus berpikir keras, tempat mana yang aman untuk dijadikan persembunyian. Sedihnya, kadang permainan selesai begitu saja sementara ada anak yang masih bersembunyi dan tidak dicari lagi, ayo, siapa yang pernah mengalami hal ini?

Bermain Tali dari Karet

Bagi anak perempuan yang lahir di tahun 90-an pasti udah enggak asing lagi nih sama permainan tali dari karet. Ada dua jenis permainan yang bisa dilakukan dengan tali karet ini, ipisan dan kodokan. Dua-duanya sama-sama seru dan banyak digemari. Namun, bermain tali karet ini harus berhati-hati karena kita bisa saja terjatuh saking semangatnya.

Main Layang-layang

Ini, nih permainan yang membuat kebanyakan anak 90-an berkulit legam, dan merupakan permainan favorit anak-anak cowok. Mereka rela panas-panasan dan terbakar matahari demi bisa bermain layang-layang bersama teman-temannya. Mereka juga kadang mengadu layang-layangnya untuk melihat siapa yang paling lama dapat menerbangkan layangannya dan bisa memutuskan layangan lawan. Nah, kalau sudah ada layangan yang putus, waktunya mengejar layangan putus tersebut sampai dapat! Hehe, pastinya kamu pernah melakukannya kan?

Bermain Kelereng.

Permainan kelerang atau gundu mengandalkan kekuatan sentilan tangan serta kekuatan akurasi kita dalam mengarahkan kelereng kita ke arah kelereng lawan. Mereka yang menang adalah yang paling banyak mengumpulkan kelereng lawan. Rasanya bangga sekali mendengar kerisikan kelereng yang saling beradu di dalam kaos kaki yang beralih fungsi sebagai kantung penyimpanan kelereng.

Nah, mana dari permainan tahun 90-an di atas yang menjadi permainan favoritmu waktu kecil? (Sh/Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *