Perhatikan Ini Saat Menggunakan Toilet Umum

Menggunakan toilet umum saat sedang bepergian terkadang adalah hal yang sulit dihindari.  Apalagi jika Anda sedang menempuh perjalanan jauh. Sayangnya, toilet umum terkadang tidak terjaga kebersihannya. Wajar saja, yang menggunakannya kan banyak dan karakter orang pun berbeda. Ada yang suka menjaga kebersihan, tetapi banyak juga yang bodo amat. Bahkan terkadang, ada yang memilih berjongkok di atas kloset duduk karena tidak terbiasa menggunakan kloset jenis itu. Akibatnya, dudukan kloset menjadi kotor dan pastinya akan terlihat jorok.

Lalu, bagaimana ya caranya supaya Anda tidak tertular penyakit dari bakteri saat menggunakan toilet umum? Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Hindari menyentuh langsung beberapa bagian toilet umum dengan tangan. Ada baiknya jika Anda memanfaatkan tisu. Misalnya untuk menyentuh keran air, flush, dan sebagainya.
  • Jangan membawa terlalu banyak barang ke dalam area toilet. Jika memungkinkan, titipkanlah barang-barang Anda pada kerabat Anda yang tidak berencana ke toilet. Sebab semakin banyak barang yang Anda bawa, akan semakin banyak juga bakteri dari toilet umum yang menempel pada barang-barang tersebut. Bakteri itu nantinya bisa menyebar ke benda lain di luar toilet saat Anda meletakkan barang tersebut di tempat lainnya.
  • Jika kloset duduk dilengkapi dengan penutup, pastikan untuk menutupnya terlebih dahulu sebelum menekan flush. Sebab, toilet yang terbuka akan memperbesar kemungkinan bakteri keluar dan menempel pada Anda. Selain itu, pada saat proses flush ada kemungkinan akan ada cipratan air yang mengenai Anda.
  • Sebelum menggunakan kloset, lakukan flush terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak ada sisa urine atau kotoran yang menempel di dinding kloset.
  • Jika Anda menggunakan kloset duduk, ada baiknya jika Anda melap bagian dudukan kloset menggunakan tisu terleih dahulu. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan cairan antiseptik khusus untuk pembersih dudukan kloset. Dengan begitu, setidaknya dudukan kloset yang nantinya akan menempel pada kulit Anda aman dari bakteri.

Hal penting lain yang tidak boleh Anda lupakan yaitu Anda wajib mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik untuk memastikan bahwa tangan Anda telah bersih dari kotoran dan bakteri. Setelah itu, ada baiknya jika Anda menggunakan tisu untuk memegang pintu saat akan keluar dari toilet umum. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *