Sebelum Kredit Mobil, Ketahui Dulu Perbedaan DP dan TDP!

Ketika membeli mobil dengan sistem kredit melalui perusahaan pembiayaan kendaraan terbaik di Indonesia, Anda pasti menemukan istilah-istilah kredit yang mungkin saja sulit dimengerti, seperti DP (Down Payment) dan TDP (Total Down Payment), misalnya. Kedua istilah ini sebenarnya memiliki arti sama, yaitu uang muka. Hanya saja, terdapat perbedaan antara keduanya. Yuk, disimak!

Pengertian DP (Down Payment) dan TDP (Total Down Payment)

DP atau dikenal pula dengan Down Payment merupakan uang muka murni yang dibayarkan pada pihak leasing dengan besaran uang mukanya berkisar dari 20% atau 30% dari total harga jual mobil yang diambil. Biasanya, DP ini akan menjadi tahap awal pembayaran jika Anda melakukan proses pembelian mobil melalui lembaga pembiayaan atau leasing.

Sementara itu, TDP atau Total Down Payment merupakan uang muka murni yang harus dibayar oleh pihak debitur, yang mana uang mukanya ditambahkan dengan biaya admin, biaya angsuran pertama, dan biaya asuransi. Jadi, bisa dikatakan, untuk total pembayaran dari TDP ini tentu lebih besar dibandingkan dengan DP karena ditambahkan dengan biaya-biaya lainnya.

Contoh brosur cicilan kredit mobil Mitsubishi

brosur cicilan kredit mitsubishi

brosur cicilan kredit mitsubishi

Seperti yang tertera pada brosur cicilan mobil di atas, jika Anda berencana membeli mobil Pick Up Mitsubishi tipe Colt T120 SS FD dengan harga mobil sekitar Rp112.500.000, uang mukanya 20%, dan mengambil tenor selama 35 bulan. Maka, total uang muka murninya (DP) adalah sekitar Rp22.500.000.

Lalu, uang muka murni tersebut ditambahkan dengan angsuran, yakni Rp22.500.000 + Rp3.351.000 = Rp25.851.000. Hasil tersebut ditambahkan dengan biaya admin sekitar Rp2.350.249 sehingga hasilnya (TDP) adalah sekitar Rp28.201.249. Jumlah inilah yang harus dibayarkan oleh pihak debitur untuk pertama kalinya, namun biasanya jumlah tersebut belum termasuk dengan biaya asuransi mobil.

Itulah dia penjelasan singkat mengenai perbedaan antara DP dan TDP yang wajib untuk diketahui sebelum Anda memutuskan membeli mobil secara kredit. Lantas, tertarik Anda membeli mobil kredit?

Semoga artikelnya bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *