Mobil Sering Sulit Dikendalikan? Mungkin Ini Penyebabnya

Ada banyak hal penting yang berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara, salah satunya yaitu maslah yang terjadi pada komponen mesin. Mungkin Anda merasa mesin mobil Anda baik-baik saja karena sudah melakukan perawatan rutin, seperti mengganti oli dengan oli mesin terbaik. Namun, bukan berarti Anda jadi bisa cuek dan tidak peka dengan adanya gejala masalah pada komponen kendaraan Anda. Misalnya ketika ada masalah pada pengendalian mobil.

penyebab mobil sulit dikendalikan

penyebab mobil sulit dikendalikan

Sistem pengendalian mobil merupakan sistem yang memungkinkan Anda untuk mengatur arah laju kendaraan. Misalnya apakah ingin mengarahkannya ke kanan atau ke kiri. Ketika sistem ini mengalami masalah, akan membuat mobil sulit dikendalikan dan berisiko membuat mobil mengalami kecelakaan. Hal tersebut bisa terjadi akibat beberapa penyebab, antara lain:

  • Kerusakan kaki-kaki mobil

Kaki-kaki mobil adalah berbagai komponen yang berada pada bagian bawah mobil, khususnya area ban. Sehingga, wajar saja ketika komponen ini mengalami kerusakan akan membuat mobil sulit untuk dikendalikan. Kerusakan komponen kaki-kaki bisa terjadi akibat usia pakainya yang sudah habis ataupun karena cara berkendara yang kasar, seperti menggunakan kecepatan tinggi di jalanan yang rusak.

  • Masalah pada spooring

Sama halnya komponen kendaraan, spooring juga memiliki usia, artinya jika sudah terlalu lama mobil harus dilakukan setting ulang. Selain itu, adanya perubahan komponen kaki-kaki mobil juga bisa menyebabkan masalah pada setting spooring sehingga harus dilakukan penyettingan ulang. Jika tidak, akan membuat sudut Toe terlalu lebar sehingga mobil sulit dikendalikan. Salah satu gejalanya yaitu mobil yang selalu mengarah ke satu sisi, baik kanan maupun kiri. Cara mengeceknya yaitu dengan memposisikan stir lurus di jalan bagus dan rata. Jika ada masalah pada setting spooring, mobil secara otomatis akan berjalan ke satu sisi yang bermasalah.

  • Tekanan angin tidak pas

Tekanan angin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan mobil seolah melayang sementara tekanan ban yang terlalu rendah akan membuat mobil terasa berat. Ada baiknya, jika Anda menyamakan nilai tekanan angin sesuai dengan yang tercantum pada buku manual. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan barang atau beban mobil Anda saat sedang digunakan.

  • Salah satu kampas rem habis

Setiap mobil memiliki dua kampas rem pada satu tempat. Ketika salah satu kampas rem habis, maka menyebabkan stir terasa liar. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti kampas menggunakan kampas yang baru.

Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *