Rumah Terbakar, Mungkin Ini Penyebabnya!

Kebakaran merupakan bencana besar yang dapat membakar habis seisi rumah. Kebakaran sendiri terjadi akibat dari kelalaian penghuni rumah ataupun arus pendek listrik. Saat terjadi kebakaran ini memang sangat merugikan penderita, untuk itu sangat penting membuat asuransi kebakaran rumah yang akan menanggung semua kerugian yang ditimbulkan akibat dari kecelakaan tersebut.

Penyebab kebakaran rumah

Penyebab kebakaran rumah

Meskipun begitu, agar rumah Anda terhindar dari risiko kebakaran ini, maka ketahui dulu beberapa faktor penyebab yang bisa menimbulkan kebakaran. Simak, yuks!

  1. Konsleting listrik. Saat meninggalkan rumah terutama pada saat melakukan perjalanan jauh, jangan sampai lupa untuk mematikan arus listrik di rumah Anda. Ini sangat penting dilakukan karena dapat mengurangi risiko agar tidak terjadi konsleting listrik. Konsleting listrik sendiri muncul akibat hubungan pendek arus listrik yang menghantarkan aliran listrik bertegangan tinggi. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, bisa menimbulkan kebakaran bahkan yang paling parahnya adalah ledakan.
  2. Pemakaian steker untuk banyak sambungan. Steker merupakan colokan listrik yang ditancapkan langsung pada stop kontak sehingga bisa menghantarkan aliran listrik dan bisa digunakan untuk beberapa penggunaan seperti misalnya untuk kabel handphone, laptop, setrikaan, kulkas, dan sebagainya. Meskipun bisa digunakan untuk banyak kabel, akan tetapi jangan digunakan dalam satu waktu apalagi untuk banyak sambungan. Sebab pemakaian steker yang terlalu banyak sambungan bisa menimbulkan panas yang dapat menyebabkan kebakaran.
  3. Puntung rokok yang belum mati. Apakah di rumah Anda ada yang perokok aktif? Jika ada, maka berhati-hatilah. Selain tidak bagus untuk kesehatan, merokok ternyata bisa menimbulkan kebakaran. Darimanakah asalnya? Tentu, dari puntung rokok yang belum mati sepenuhnya setelah dihisap. Jika puntung rokok tersebut Anda letakkan di tempat yang kurang aman dan mudah terbakar, bisa dipastikan bisa menyebabkan kebakaran.
  4. Kompor gas. Pemakaian kompor gas memang sangat memudahkan Anda saat memasak. Namun, dibalik kemudahan tersebut tersimpan bencana besar yang akan menimbulkan kebakaran jika Anda lalai dalam menggunakannya. Untuk itu, pastikan jangan pernah lupa untuk mematikan kompor gas setelah digunakan ataupun jika perlu cabut gas dari tabung gasnya ketika Anda bepergian jauh.

Selain beberapa poin yang sudah disebutkan di atas, kebakaran juga bisa ditimbulkan karena;

  • Membakar sampah di dekat rumah.
  • Menggunakan lilin saat mati lampu.
  • Kabel listrik yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.
  • Pemakaian kabel listrik yang sudah tua.
  • Penyambung kabel yang tidak kuat saat dicolokkan.

Itu beberapa hal yang bisa mengakibatkan kebakaran pada rumah Anda. Tetap berhati-hati, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *