Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi

Kebakaran merupakan slah satu bencana yang sangat merugikan, apalagi kebakaran yang terjadi di rumah hingga dapat melenyapkan harta benda yang kita miliki. Anda sungguh beruntung jika sejak awal sudah berinisiatif untuk menggunakan asuransi kebakaran rumah sejak awal. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki asuransi sama sekali untuk menanggung kerugian yang Anda alami akibat si pelahap maut? Jangan sampai terjadi untuk mengetahuinya. Lebih baik mencegah daripada menanggulangi, bukan? Maka dari itu, simak artikel ini agar Anda menjadi lebih waspada akan penyebab kebakaran rumah yang dapat melanda Anda. Berikut adalah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab kebakaran rumah.Rumah terbakar

  1. Memasak

Jika Anda sedang memasak, wajib hukumnya bagi Anda untuk memperhatikan barang-barang yang ada di sekeliling kompor apalagi pada saat kompor dalam keadaan menyala. Biasakan untuk tidak meletakkan bahan kain, seperti serbet atau lap dapur di dekat kompor. Jangan sampai Anda meninggalkan kegiatan memasak Anda untuk melakukan hal lain yang dapat membuyarkan fokus dan ingatan Anda dari masakan yang sedang Anda masak di dapur. Jika Anda diharuskan untuk melakukan sesuatu yang sekiranya akan memakan banyak waktu, lebih baik matikan kompor untuk sementara karena tidak jarang kebakaran rumah yang terjadi adalah akibat dari kelalaian seseorang saat sedang memasak.

  1. Merokok di Dalam Rumah

Jika Anda atau salah satu dari keluarga Anda adalah seorang perokok, ingatkan agar untuk tidak merokok di dalam maupun sekitar rumah. Karena selain asapnya yang sangat bau dan mengganggu, bara api dari rokok juga bisa saja beterbangan hingga mengenai karpet atau kain yang ada di dalam rumah tanpa diketahui. Hal ini dapat memicu kemungkinan rumah Anda untuk mengalami kebakaran. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyediakan wadah rokok untuk membuang bara dan puntung bekas rokok karena terkadang kejadian kebakaran rumah diakibatkan orang pembuangan rokok yang masih hidup ke tempat sampah sehingga baranya dapat membakar plastik dan kertas yg terdapat di dalamnya.

  1. Penggunaan Kabel

Hal yang satu ini juga sering menjadi penyebab utama kebakaran. Maka dari itu, sering-seringlah Anda mengecek keadaan kabel yang terdapat di seluruh bagian rumah Anda. Jangan sampai kabel yang rusak akibat digigit tikus menjadi penyebab korsleting listrik yang berujung kebakaran. Resiko kebakaran juga akan semakin besar jika Anda sering menggunakan stop kontak secara berlebihan sehingga semua outlet tercolok penuh dan mengeluarkan banyak tenaga.

  1. Lilin

Pasti banyak diantara Anda yang sering menggunakan lilin aroma terapi untuk membuat ruangan harum dan juga membuat diri Anda rileks. Namun penggunaan lilin yang berlebihan hingga Anda lupa kalau Anda sebenarnya menyalakan lilin akan sangat berbahaya untuk keselamatan keluarga dan diri Anda sendiri. Terkadang menggunakan aroma terapi membuat kita yang menghirup wanginya menjadi rileks dan terdorong untuk terlelap. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mematikan lilin sebelum tidur.

 

Di atas adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab kebakaran rumah. Maka dari itu, lebih berhati-hatilah dalam bertindak. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *