Waspada dengan Penyakit yang Mengintai Setelah Renang!

Mengajak anak dan keluarga untuk berkunjung ke wahana bermain air di Jakarta memang seringkali menjadi kegiatan akhir pekan yang sangat menyenangkan. Namun demikian, Anda sebaiknya juga hati-hati nih dalam mengajak anak berenang. Sebab tanpa disadari ada bahaya yang mengintai bagi Anda dan keluarga jika Anda tidak cermat.

bahaya penyakit setelah berenang

bahaya penyakit setelah berenang

Berikut bahaya penyakit yang bisa menyerang Anda setelah berenang:

  1. Diare. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa Anda dan anak akan terkena diare karena kontaminasi bakteri yang ada di dalam air kolam renang. Seperti yang Anda ketahui, air di dalam kolam renang tidak selamanya murni dan bersih, karena memiliki kandungan kaporit serta bercampur dengan zat-zat lain yang tanpa sengaja dikeluarkan saat Anda berenang. Ketika air tersebut tanpa sengaja tertelan, maka air tersebut akan dapat menimbulkan diare pada tubuh Anda.
  2. Shigellosis. Shigellosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri shigella. Penyakit ni biasanya membuat penderitanya merasakan kram perut, demam, atau bahkan diare. Menurut CDC atau Centers for Disease Control and Prevention, bakteri ini kerapkali ditemukan di kolam renang, lho.
  3. Ruam. Bakteri Pseudomonas aeruginosa ditengarai terkandung pada air pada kolam renang yang sudah terkontaminasi dan mampu menimbulkan ruam kulit serta iritasi. Ruam ini akan muncul ketika Anda terlalu lama berenang di kolam renang. Kulit Anda akan terasa gatal, kemerahan, bintik-bintik, hingga kulit yang lecet. Meski ruam ini bisa hilang jika didiamkan selama beberapa saa, namun ada baiknya untuk segera pergi ke dokter kulit untuk penangan lebih lanjut.
  4. Nyeri pada telinga. Setelah berenang, tidak sekali dua kali Anda merasakan nyeri di dalam telinga Anda. Rasa nyeri ini muncul dari bakteri dan juga jamur yang ditandai dengan rasa gatal, nyeri, dan juga bengkak. Kondisi ini dinamakan dengan Otitis externa atau swimmer’s ear yang sering menyerang anak-anak dibanding orang dewasa.

Itu dia beberapa bahaya penyakit yang mungkin bisa terjadi setelah berenang. Agar tidak terjangkiti penyakit tersebut, ada baiknya Anda membilas diri hingga bersih setiapkali selesai berenang di kolam umum dan tidak berenang dengan perut kosong. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *