Pentingnya Perencanaan Asuransi Pendidikan Demi Masa Depan Anak

Sebelum Anda memilih asuransi pendidikan yang bagus, baiknya Anda memahami terlebih dahulu yang menjadi hal penting dalam asuransi pendidikan. Banyak orang tua yang masih dibuat bingung untuk menjamin pendidikan anak dengan asuransi. Bukan karena biayanya, namun ketepatan dalam merencanakan. Ketika merencanakan dana pendidikan anak, ada yang harus Anda pahami mengenai kenaikan inflasi dana pendidikan anak di Indonesia. Apabila tidak di proyeksikan dengan tepat, akan fatal di kemudian.

pentingnya perencanaan asuransi pendidikan

pentingnya perencanaan asuransi pendidikan

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, rata-rata kenaikan biaya pendidikan mencapai 10 persen per tahun. Katakanlah saat ini pendidikan untuk kuliah kedokteran memerlukan dana sebesar 500 juta, 10 tahun lagi anak Anda masuk ke perguruan tinggi, akan memerlukan dana sebesar 1M untuk kuliah di kedokteran. Anda harus pahami itu itu agar tidak kaget saat masa yang akan datang.

Pastinya saat Anda memahami hal tersebut, sudah memiliki target pada masa yang akan datang, mulai dari mempersiapkan dana pendidikan taman kanak-kanak sampai menjadi sarjana di perguruan tinggi. Apabila ingin mencapai target pada kurun waktu yang ditentukan, Anda dapat menyimpan dana investasi dalam asuransi pendidikan sehingga bisa terlihat ketika beberapa tahun mendatang akan mendapatkan nilai investasi berapa.

Misalnya, ketika Anda memilih reksadana saham sebagai instrument investasi, maka besarnya keuntungan investasi tergantung pada fluktuasi harga saham, demikian juga ketika Anda memilih reksadana pasar uang juga tergantung pada pergerakan di pasar uang. Jadi semua nilai investasi kedepannya, relatif. Namun, tidak perlu khawatir, semua dapat terproyeksi dengan baik dengan perencanaan yang baik juga.

Selain itu, dalam asuransi pendidikan, tidak hanya sebatas mendapatkan dana pendidikan ketika membutuhkan, tetapi juga mendapatkan manfaat proteksi untuk orang tua yang membiayai ataupuun ketika anak yang menjadi tertanggung meninggal dunia. Namun besarnya jumlah yang diterima penanggung tergantung kesepakatan dengan pihak asuransi.

Jadi, asuransi manapun akan memberikan manfaat yang terbaik juga, namun semua itu perlu adanya pendampingan yang baik dalam merencanakan sehingga dapat tercapai targetnya pada tahun yang ditentukan. Adanya pihak agen yang profesional serta pihak perusahaan asuransi untuk memberikan informasi yang lebih akurat lagi, sehingga tidak terjadi kesalahan untuk masa depan anak. Beda jenjang, beda angka, dengan perhitungan yang pas, anak terus bisa sekolah dan mencapai cita-citanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *