Pentingnya Minum Susu pada Masa Persiapan Kehamilan

Bagi wanita hamil, mengonsumsi susu adalah hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu serta bayi dalam kandungnnya. Mengonsumsi susu selama masa kehamilan tidak hanya berdampak pada berat dan panjang bayi saat lahir namun juga secara jangka panjang saat bayi tumbuh besar. Namun, selain pada masa kehamilan, ternyata susu juga penting dikonsumsi selama masa persiapan kehamilan. Ini karena susu persiapan kehamilan memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang berguna dalam mempersiapkan kehamilan.

Salah satunya vitamin penting yang terkandung dalam susu persiapan kehamilan adalah asam folat. Kandungan asam folat alami biasanya ditemukan pada sayuran hijau atau sereal. Vitamin ini berguna untuk membantu perkembangan serta metabolisme pada pembuahan, sekaligus membantu mengurangi resiko cacat bawaan pada anak dan penyakit lainnya. Pada calon ibu, asam folat dapat membantu menghindari dari anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Kebutuhan calon ibu hamil akan asam folat berkisar 400 hingga 800 mikogram setiap harinya.

susu persiapan kehamilan

susu persiapan kehamilan

Selain asam folat, kandungan kalsium pada susu juga sangat membantu persiapan calon ibu hamil. Kalsium pada susu sangat mudah diserap dan dicerna sehingga sangat membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan. Kalsium sendiri berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi janin. Selain itu, asupan kalsium juga berguna untuk menjaga tulang calon ibu kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Kandungan penting pada susu tidak berhenti pada dua nutrisi tersebut saja, masih banyak yang sama pentingnya, misalnya saja zat besi untuk mencegah anemia, yang membuat ibu hamil mudah lemas dan pusing. Ada juga kandungan vitamin A, mangan, dan zinc yang juga diperlukan untuk mempersiapkan kehamilan.

Lalu kapankah waktu yang tepat untuk mengonsumi susu persiapan kehamilan ini? Jawaban adalah sesegera mungkin sewaktu Anda mulai merencanankan kehamilan. Dengan begitu, asupan baik yang dibutuhkan pun bisa terpenuhi. Sementara itu, untuk pemilihan susu yang tepat, Anda harus teliti terhadap kandungan dalam susu tersebut. Pastikan semua nutrisi yang diperlukan terkandung di dalamnya. Bila perlu Anda bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan susu terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun, perlu juga diingat, selain susu, calon ibu juga harus menjaga asupan nutrisi sebelum masa kehamilan. Misalnya saja dengan memenuhi kebutuhan vitamin C dan E, zat besi, serta menghindari alkohon dan menjaga pola makan yang benar. (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *