Pentingnya Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

Exfoliation merupakan salah satu produk unggulan klinik kecantikan terbaik di Indonesia. Istilah ini merujuk pada proses menghilangkan sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajah. Banyak ahli kecantikan yang menyatakan bahwa tindakan ini merupakan salah satu proses perawatan diri yang paling penting dilakukan oleh orang dewasa. Mengapa demikian?

Normalnya, sel kulit manusia mengalami regenerasi kurang lebih setiap 30 hari. Akan tetapi, semakin bertambah tua seseorang, semakin melamban pula proses penggantian sel-sel kulit matinya. Hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh pada penampilan orang tersebut. Pasalnya, sel-sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit tampak kusam, kasar, dan kering. Buntut yang lebih panjangnya, bahkan, akan membuat kulit memiliki minyak berlebih dan pori-pori tersumbat. Pada akhirnya, dua hal ini akan menimbulkan noda dan jerawat. Bila sudah begini, tentu exfoliation penting untuk segera dilakukan.

exfoliating

exfoliating

Menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah tidak hanya akan menghasilkan kulit yang bersinar, namun juga kulit yang sehat. Bersamaan dengan manfaat ini, exfoliation pula akan memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, mempercepat regenerasi sel-sel kulit, mengoptimalkan kerja skincare, sampai meningkatkan sirkulasi darah. Exfoliation dapat dilakukan dengan dua cara, yakni mekanis dan kimiawi.

Mechanical exfoliation merupakan proses menghilangkan sel-sel kulit mati dengan cara menggosoknya langsung dari wajah. Oleh karenanya, scrub yang digunakan pada jenis ini adalah scrub abrasif. Proses ini cocok untuk kulit normal hingga berminyak. Sementara itu, chemical exfoliation adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dengan bantuan senyawa kimia. Scrub yang digunakan pada tipe ini adalah scrub yang mengandung asam khusus yang dapat larut dengan sel-sel kulit mati dan mampu mengangkatnya tanpa proses penggosokan. Cara ini cocok untuk kulit sensitif.

Seberapa seringkah exfoliation harus dilakukan? Sebagian besar ahli mengatakan dua kali dalam seminggu adalah waktu terbaik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah. Namun, jangan sampai minyak alami pada wajah habis. Setelah melakukan exfoliation, biasanya kulit akan mengalami berbagai reaksi. Mengaplikasikan pelembap dan menghindari sinar matahari adalah upaya yang perlu dilakukan selepas menghilangkan sel-sel kulit mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *