Pentingnya Menggunakan Telepon PABX di Kantor

Kamu yang bekerja di perkantoran pasti sering menggunakan telepon di mejamu untuk menghubungi teman satu kantor yang berbeda ruangan atau divisi. Namun, kebanyakan dari kamu mungkin tidak kenal dengan sistem telepon yang digunakan ini dan menganggapnya sama dengan telepon rumah pada umumnya. Padahal, meski bentuknya sama, namun telepon pada perkantoran ini menggunakan sistem telepon PABX yang sama sekali berbeda dengan telepon rumah.

Apa itu PABX? PABX atau Private Automatic Branch Exchange merupanan suatu sistem telepon yang membuat satu nomor telepon dapat dibagi ke dalam beberapa line atau ekstensi dengan menggunakan alat yang disebut switchboard. Dengan menggunakan sistem ini, setiap line telepon dapat saling menghubungi line lainnya cukup dengan menekan nomor ekstensi tujuan saja, tanpa dikenakan biaya/pulsa.

Telepon PABX di kantor

Telepon PABX di kantor

Biasanya, perusahaan yang menggunakan sistem telepon ini biasanya memiliki kantor dengan kondisi seperti berikut:

  • Memiliki lebih dari satu lantai atau banyak ruangan terpisah yang menyulitkan proses komunikasi, apalagi bila harus dilakukan dalam waktu yang sesegera mungkin.
  • Memiliki banyak nomor telepon dan berniat untuk memangkas telepon tersebut.

Lalu kenapa sistem telepon PABX banyak digunakan di perkantoran? Nah, berikut ini beberapa alasannya:

Kemudahan komunikasi internal

Seperti disebutkan sebelumnya, sistem PABX memungkinan penggunanya untuk saling berhubungan antar line. Komunikasi ini cukup dilakukan dengan menghubungi nomor ekstensi yang ada. Perusahan pun tidak perlu menambahkan nomor telepon berbeda yang tentunya akan menyulitkan bila harus mengingatnya.

Lebih ekonomis

Untuk melakukan komunikasi antar line ini, tidak perlu khawatir akan biayanya. Karena komunikasi ini tidak dikenai biaya sama sekali, alias gratis, selama dilakukan pada nomor yang sama. Ini tentunya membantu memangkas pengeluaran kantor.

Fleksibel

Salah satu keunggulan telepon PABX adalah adanya hybrid system yang mengintegrasi IP data Network dengan lebih mudah. Hal tersebut memungkinkan perusahaan atau kantor pengguna telepon PABX untuk menambahkan jumlah extensian hingga ratusan nomor extension dengan menggunakan DXDP, tanpa harus menambah nomor telepon lagi. Selain karena fleksibilitasnya, banyak juga perusahaan yang menggunakan sistem Hybrid PABX demi penghematan anggaran kantor, karena biaya bulanannya yang lebih murah.

Melihat alasan tadi, tidak heran, kan, bila banyak kantor yang kemudian menggunakan sistem telepon PABX sebagai sarana komunikasinya. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *