Penting Diperhatikan Saat Memasang Kaca Film

Untuk Anda para pemilik mobil, memasang kaca film merupakan sesuatu hal yang seringkali dilakukan. Sebab kaca film akan membantu mobil Anda lebih terjaga privasinya sekaligus melindungi sinar matahari agar tidak tembus ke dalam kompartemen. Kaca film sendiri ada banyak jenisnya dan tidak hanya terpusat untuk mobil saja. Ada pula kaca film smart yang banyak digunakan di bangunan atau di ruangan interior. Nah, untuk Anda yang ingin memasang kaca film, ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan:

penting saat memasang kaca film mobil

penting saat memasang kaca film mobil

  1. Kaca depan. Mengingat kaca depan akan menjadi kaca yang paling sering kita lihat ketika mengemudi, maka persentase kegelapannya harus diperhatikan. Biasanya, persentase kegelapan untuk kaca depan adalah di bawah 40%. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga jarak pandang agar tetap aman ketika berkendara, terutama ketika hujan atau di malam hari. Jika lebih dari 40%, dikhawatirkan akan membahayakan pengemudi karena kaca terlalu gelap untuk memandang ke luar.
  2. Kaca bagian samping dan belakang. Nah, untuk bagian belakang dan samping, maka persentasenya bisa lebih tinggi dari 40% namun tidak boleh juga hingga 100%. Biasanya, angka yang disarankan adalah 50-60% dan maksimal 80%. Dengan persentase di angka tersebut, tingkat kegelapannya sudah cukup untuk melindungi Anda dari cahaya matahari, kok.
  3. Mirroring.Selain memasang kaca film, banyak pengguna mobil yang memasang kaca film jenis mirroring. Kaca jenis ini memungkinkan Anda untuk memandang ke luar dengan bebas namun orang lain tidak bisa melihat ke dalam. Tentunya, kaca ini akan memberikan privasi bagi Anda yang membutuhkannya. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan lupa untuk mengecek tingkat kegelapannya sesuai dengan yang sudah disebutkan di atas.
  4. Daya serap UV. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna mobil adalah menganggap bahwa semakin gelap kaca maka semakin baik daya serap mataharinya. Padahal fakta yang terjadi di lapangan sebetulnya tidak demikian, lho. Sebab kaca bening sekalipun bisa menahan panasnya sinar matahari dengan baik dibanding dengan yang gelap. Semuanya kembali lagi pada material dan teknologi produksinya.
  5. Trik pemasangan. Tentunya memasang kaca film tidak boleh sembarangan. Agar kaca film bisa terpasang dengan rapi tanpa gelembung udara, jangan lupa untuk membersihkan permukaan kaca dengan bersih dan memastikannya bebas dari debu. Atau kalau tidak mau repot, bawa saja mobil Anda ke bengkel dan mintalah mereka untuk membantu memasangkan kaca film.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memasang kaca film untuk mobil Anda. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *