Pengertian dan Manfaat Vaksin Caricella

Kesehatan. Apa sih yang terlintas pertama kali di benak kalian ketika mendengar kata yang satu ini? Seberapa sering kalian sakit? Apakah kalian termasuk salah satu orang yang memperhatikan kesehatan? Kesehatan adalah salah  satu hal yang tidak boleh disepelekan keberadaannya. Ketika kesehatan terganggu, kegiatan kita pun juga akan terganggu. Hal ini lah yang menyebabkan kita tidak bisa beraktivitas dengan optimal. Oleh sebab itu lah kita harus menjaga kesehatan kapan pun.

Vaksin Caricella

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mendapatkan vaksin. Vaksin juga terdiri dari berbagai jenis dan kita pun bisa mendapatkan vaksin sesuai kebutuhan. Pemberian vaksin sebaiknya diberikan sejak dini agar tubuh kita akan kebal terhadap suatu penyakit hingga dewasa. Memangnya vaksin apa saja sih yang kita butuhkan? Lalu bagaimana dengan vaksin varicella? Apakah kalian sudah pernah mendengar nama vaksin ini sebelumnya? Kapan sebenarnya vaksin varicella ini bisa diberikan? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Vaksin Varicella?

Banyak dari kita yang mengaku jika masih asing dengan nama vaksin varicella. Sebenarnya, vaksin varicella adalah nama lain  vaksin cacar. Cacar air adalah salah satu jenis penyakit yang sering ditemui sejak dini. Bahkan kasus cacar air ini mencapai angka puluhan juta. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak, oleh sebab itu lah vaksin varicella dianjurkan untuk diberikan sejak masih kanak-kanak. Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular, bahkan bisa menular melalui bersin ataupun batuk. Oleh sebab itu lah orang yang terkena cacar akan diisolasi hingga sembuh total supaya tidak menulari orang lain.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang sudah pernah mendapatkan vaksin varicella maka berisiko rendah untuk mengalami cacar air di kemudian hari. Apabila kita terserang cacar pun maka jenis cacarnya hanya cacar air ringan. Cacar air ringan akan sembuh dalam hitungan hari dan tidak akan mengancam keselamatan jiwa kita. Lalu bagaimana sih caranya kita mengenal seseorang atau anak ketika terserang cacar?

Gejala Cacar Air yang Mudah Dikenali

Seperti layaknya jenis penyakit lainnya, kita bisa mengenali beberapa cacar air dari beberapa gejala. Mengenali gejala cacar air adalah hal penting sehingga kita bisa segera melakukan penanganan. Berikut adalah beberapa gejala cacar air yang harus kita ketahui:

  • Demam yang tidak terlalu tinggi;
  • Timbulnya ruam pada bagian wajah dan badan selama beberapa hari, lebih tepatnya sekitar 3 hingga 5 hari. ruam ini kemudian akan mengandung air dan ketika mengering akan menjadi seperti kropeng;
  • Batuk dan pilek;
  • Sakit kepala;

Jadwal Pemberian Vaksin Varicella

Vaksin varicella merupakan memasukkan virus Varicella zoster dalam tubuh kita, sehingga imun tubuh pun lebih kebal dan memerangi virus yang bisa menyerang kita di kemudian hari.Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan agar  pemberian vaksin varicella ini mulai diberikan ketika anak sudah menginjak usia 1 tahun. vaksin ini bisa dilakukan secara berulang pada anak berusia 13 tahun. sedangkan pada orang dewasa, vaksin varicella ini bisa diberikan sebanyak dua kali dengan jarak rentang waktu 4 hingga 8 minggu.

Apakah Semua Orang Bisa Mendapatkan Vaksin Varicella?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mendapatkan vaksin merupakan bentuk pencegahan kita terserang suatu penyakit serius di kemudian hari. Namun apakah hal ini juga berarti semua orang bisa mendapatkan vaksin varicella?  Vaksin varicella bisa diberikan sejak anak berusia di bawah 13 tahun. Untuk kita yang belum pernah terserang cacar air pun disarankan utuk segera mendapatkan vaksin varicella. Berbeda halnya dengan mereka yang sudah pernah terserang cacar, vaksin varicella ini pun tidak perlu diberikan kembali.

Perlu kita ingat jika vaksin varicella sebaiknya tidak dilakukan ketika kondisi badan kurang fit. Terdapat beberapa pengecualian juga, contohnya saja untuk ibu hamil – tidak disarankan juga untuk mendapatkan vaksin varicella. Selain itu, orang yang mengidap penyakit kelainan sistem imun, menjalani pengobatan kanker, ataupun baru saja melakukan tranfusi darah juga tidak disarankan untuk menerima vaksin varicella.

Efek Samping Vaksin Varicella

Layaknya jenis vaksin lainnya, vaksin varicella juga bisa menimbulkan efek samping tertentu. Namun kita tidak perlu khawatir karena efek samping ini hanya bertahan selama beberapa jam. Selain itu, efek samping vaksin varicella pun tidak akan mengancam keselamatan nyawa kita. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa timbul setelah mendapatkan vaksin varicella:

  • Anak akan merasa lelah, demam, ataupun timbul gejala seperti cacar air. Kita tidak perlu panik ketika hal ini terjadi karena kita hanya perlu memberikan anak paracetamol;
  • Timbulnya ruam kemerahan pada daerah sekitar suntikan;
  • Terdapat kemungkinan kecil akan menimbulkan kejang pada anak. hal ini disebabkan karena anak mengalami perubahan suhu yang cukup drastis.

Dapatkan Vaksin Varicella di Pelayanan Kesehatan Terdekat

Nah bagaimana? Pastinya sekarang sudah lebih jelas kan mengenai pentingnya pemberian vaksin varicella? Perlu diingat meskipun kita sudah mendapatkan vaksin varicella, bukan berarti tidak ada kemungkinan kita bisa terserang cacar air di kemudian hari. Pemberian vaksin varicella lebih bertujuan untuk penyembuhan cacar air lebih cepat dan tidak akan menimbulkan komplikasi pada penderitanya. Kita pun bisa mendapatkan vaksin varicella di pusat layanan kesehatan terdekat, misalnya saja di Puskemas, Rumah Sakit, ataupun laboratorium. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *