Penerbanganmu Delay? Ternyata Ini Dia Beberapa Penyebabnya

Apa yang diharapkan saat memutuskan untuk pergi ke suatu tempat menggunakan pesawat dibandingkan dengan transportasi? Pastilah mengenai lama perjalanan. Memang, perjalanan menggunakan pesawat jauh lebih singkat dibanding dengan transportasi apapun. Itulah sebabnya, meskipun terkadang harus menginap di hotel di Bandara Soekarno Hatta sekali pun agar tidak telat check in, transportasi ini tetap menjadi pilihan.

penyebab penerbangan delay

penyebab penerbangan delay

Namun sayangnya, ada satu hal yang membuat harapan tidak bisa menjadi kenyataan, yaitu akibat delay pesawat sehingga mengharuskan kamu untuk menunggu lebih lama. Menjengkelkan, memang. Tapi perlu diketahui juga bahwa delay tersebut memiliki alasan tersendiri, lho. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  1. Delay sebelumnya

Alasan paling umum yang menyebabkan telatnya kedatangan pesawat adalah karena kedatangan pesawat juga terlambat dari rute sebelumnya. Sepertinya sudah diketahui secara umum, sebuah pesawat tidak hanya terbang pada rute yang sama setiap harinya. Pesawat tersebut bisa saja mengalami delay dari rute sebelumnya karena faktor lain.

  1. Maskapai atau kru

Penyebab umum kedua yang juga sering terjadi adalah akibat terlambatnya kru atau maskapai dalam melakukan tugasnya, seperti mengisi bahan bakar, memperbaiki kerusakan, pergantian jadwal kru yang terhambat, pembersihan pesawat, pengangkutan/ masalah bagasi, dan sebagainya.

  1. Lalu lintas padat

Tidak hanya di jalan raya saja, macet pun juga dapat terjadi di udara untuk pesawat. Hal ini juga merupakan alasan mengapa dapat terjadi delay. Meskipun udara lahannya lebih luas, lalu lintas padat juga dapat terjadi apabila terdapat delay sebelumnya dapat membuat antrean take off dan landing pesawat menjadi berantakan.

  1. Cuaca buruk

Cuaca yang buruk seperti hujan lebat, badai dan angin kencang, serta gumpalan awan dapat membahayakan pesawat yang terbang di udara. Hal ini juga dapat membuat penerbangan kamu dapat ditunda untuk beberapa saat atau bahkan dibatalkan. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau kamu hanya bisa bersabar dan menunggu pengumuman resmi dari maskapai penerbangan yang kamu gunakan.

  1. Security check

Antrean security check yang panjang saat masuk ke bandara maupun ke ruang tunggu juga dapat menjadi alasan mengapa penerbangan ditunda, termasuk juga bila ditemukan penumpang yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa alasan umum yang menyebabkan penerbangan kamu tertunda. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *