Pencinta Keju Leleh Wajib Tahu Ini

Keju menjadi bahan makanan yang banyak digunakan saat ini. Tidak hanya untuk makanan berupa dessert atau beragam kue saja, makanan utama juga saat ini banyak yang menggunakan keju. Misalnya saja seperti keju slice leleh yang dimasukkan ke dalam sandwich dan beragam jenis makanan lainnya.

Nah, untuk kamu yang menyukai keju terutama yang dilelehkan untuk dicampurkan ke dalam makanan favoritmu, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui untuk menambah informasimu.

keju leleh untuk toping

keju leleh untuk toping

Proses pelelehan keju

Dalam situs finecooking, dijelaskan mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada saat keju dilelehkan. Dan prosesnya akan terjadi secara bertahap tergantung pada suhu saat proses melelehkan keju terjadi.

  • Suhu 90OF: Lemak susu padat dalam keju mulai mencair, keju mulai melunak, dan lemak akan meleleh naik ke permukaan. Semakin bertambahnya suhu, maka ikatan yang mengikat protein utama dalam keju (protein kasein) pecah sehingga keju mulai berubah tekstur menjadi cairan kental.
  • Suhu 130OF: Keju mulai meleleh pada keju dengan tekstur lunak dan kelembapan tinggi.
  • Suhu 150OF: Keju mulai meleleh pada keju dengan tekstur sedang, usia tua, dan kelembapan rendah.
  • Suhu 180OF: Keju mulai meleleh pada keju dengan tekstur keras dan kering seperti Parmigiano-Reggiano.

Jenis keju yang bisa dilelehkan

Dari informasi di atas sudah jelas bahwa keju memiliki beberapa jenis, tergantung pada teksturnya. Jika keju memiliki tekstur yang lembut dan ringan, maka keju tersebut akan semakin mudah dan baik untuk dilelehkan. Misalnya saja seperti keju Mozzarella yang umum digunakan untuk keju leleh. Selain itu, kamu juga bisa melelehkan keju cheddar tetapi ada baiknya pilih cheddar dengan usia muda karena teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan keju cheddar berusia tua.

Cara melelehkan keju

“Melelehkan keju kan gampang, tinggal dipanaskan.”. Banyak orang yang berpikir begitu, tetapi ternyata jika keju dilelehkan dengan cara yang salah justru bisa merusak tekstur dan rasa dari keju tersebut. Ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tekstur keju sebelum menentukan cara melelehkannya. Untuk keju dengan tekstur sedang, maka parut terlebih dahulu keju hingga berukuran tipis dan barulah memanaskannya. Pastikan untuk menggunakan suhu rendah dan jika kamu menggunakan kompor, maka gunakan panci anti lengket dan jangan lupa untuk mengaduknya agar bagian bawahnya tidak gosong.

Bagaimana, siap untuk membuat makanan menggunakan keju leleh atau mungkin digunakan sebagai saus untuk melengkapi makananmu tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *