Nutrisi Penting yang Harus Ada dalam Susu Hamil

Selama hamil, Ibu membutuhkan asupan nutrisi berupa asam folat, protein, vitamin, serta iodium. Untuk pemenuhan nutrisi tersebut, Ibu bisa mendapatkannya melalui susu ibu hamil yang memang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain menyehatkan, mengonsumsi susu yang kaya akan nutrisi ini, dapat membantu proses tumbuh kembang janin di dalam rahim. Susu hamil juga bisa menjadi pendamping makanan sehat untuk ibu hamil yang sibuk bekerja, sehingga Ibu tidak akan merasa lelah karena memiliki energi cukup untuk beraktivitas.

Nutrisi susu ibu hamil

Nutrisi susu ibu hamil

Berikut ini merupakan beberapa nutrisi penting yang harus ada di dalam susu hamil seperti yang dirangkum melalui alodokter, diantaranya:

  1. Vitamin D, merupakan salah satu nutrisi dalam susu yang berperan penting menyeimbangkan senyawa fosfat dan kalsium di dalam tubuh. Untuk ibu hamil sendiri membutuhkan sebanyak 5 hingga 15 mikrogram atau sebanding dengan 200 – 600 IU vitamin D. Dari segelas susu yang mengandung vitamin D ini, Ibu bisa memperoleh sekitar 100 IU. Kekurangan vitamin D ini, dapat menyebabkan bayi terlahir dengan berat rendah serta bisa menganggu kesehatan tulang bayi.
  2. Asam folat, memiliki peranan untuk memaksimalkan kerja enzim sekaligus membantu pembentukan darah dalam tubuh ibu hamil. Di samping itu, asam folat pun berfungsi melindungi sistem saraf janin di rahim. Biasanya, asam folat yang dibutuhkan ibu hamil adalah sekitar 400 mikrogram, dan ini bisa didapatkan melalui susu hamil.
  3. Kalsium, setiap harinya ibu hamil membutuhkan sekitar 1000 mikrogram kalsium. Nah, pemenuhan kalsium ini bisa diperoleh melalui susu hamil, dimana memberikan konstribusi sekitar 301 mikrogram kalsium. Kalsium yang tersimpan di dalam susu ini dipercaya mampu membantu pertumbuhan otot dan saraf serta membentuk tulang dan gigi bayi.
  4. Iodium, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi iodium ini, sebab jika kekurangan iodium dapat mengganggu proses perkembangan otak janin dalam rahim sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan kecerdasan setelah dilahirkan. Iodium yang dibutuhkan ibu hamil adalah sekitar 250 mikrogram dan dapat diperoleh dari susu hamil yang akan senyawa iodium.

Selain keempat senyawa di atas, susu hamil pun penting memiliki kandungan protein, kalori, zat besi, AHA/DHA, seng, vitamin A, vitamin B1, B2, B12, niacin, serta fosfor. Semoga membantu! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *