Nikmati Suasana Mandi Air Panas ala Korea di Jimjilbang

Suasana dalam aula Jimjilbang

Suasana dalam aula Jimjilbang

Di Indonesia bila kita ingin menikmati mandi air hangat, biasanya kita memasak air air dengan ceret atau menghidupkan water heater di rumah. Air panas pun kita nikmati secara privat saja. Beda lagi dengan Korea Selatan. Di negara tersebut, kita bisa menikmati mandi air panas bersama-sama dengan orang lain, di tempat pemandian umum atau bath house yang dikenal dengan nama Jimjilbang. Konsepnya mirip dengan pemandian umum atau onsen yang ada di negara Jepang. Namun, ada beberapa hal dan fasilitas menarik di dalam Jimjilbang yang tidak bisa kita dapatkan di tempat pemandian umum lainnya.

Pada tempat pemandian umum lain, biasanya setelah kita berendam dan mandi, kita mungkin akan sebentar bercakap-cakap dengan kenalan kita, merapihkan barang bawaan kemudian bubar, pulang. Namun di Jimjilbang, kita tidak hanya disuguhkan dengan kolam pemandian besar yang bisa dinikmati bersama dengan puluhan orang saja. Ada beberapa fasilitas lain di tempat mandi air panas ala Korea yang menjadi favorit warga asli  dan wajib dicoba bila kita mengunjungi Korea Selatan.

Scrubbing sel-sel kulit mati

Setelah berendam dan mandi, fasilitas pertama yang mesti kita coba adalah scrubbing sel-sel kulit mati di seluruh tubuh kita. Yup, seluruh tubuh. Kita tinggal tiduran di tempat tidur plastik yang sudah tersedia, kemudian akan ada ahjumma (sebutan untuk wanita paruh baya di KorSel) yang akan menggosok tubuh kita dengan menggunakan semacam waslap basah. Hasilnya, tumpukan daki yang mungkin sudah menempel tahunan di tubuh kita terangkat semua. Tubuh pun terasa lebih bersih dan halus. Meski, kadang bila kita sedang tidak beruntung, si ahjumma bisa saja menggosok dengan sangat kencang dan membuat kulit terasa agak perih.

Ruangan spa 

Spa room di Jimjilbang

Spa room di Jimjilbang

Selain kolam pemandian besar, fasilitas lain yang bisa kita nikmati pada Jimjilbang adalah ruang spa. Dalam satu Jimjilbang biasanya terdapat lebih dari satu ruang spa, entah itu spa panas atau spa dingin. Kita juga tidak perlu khawatir risih berbagi ruangan dengan orang lain, karena tidak perlu membuka bajunya seperti pada tempat spa lain.

Kuliner khas Jimjilbang

Telor rebus dan sikhye

Telor rebus dan sikhye

Saat badan sudah terasa segar setelah menikmati air panas dan spa, hal lain yang harus dicoba adalah kuliner khas yang dijajakan di dalam Jimjilbang. Di dalam Jimjilbang terdapat toko yang menjual beragam makanan dan minuman ringan, namun yang menjadi favorit adalah telur rebus dan minuman Sikhye yang berasal dari rebusan malt dengan beras Korea. Biasanya orang pengunjung Jimjilbang akan menikmati dua kuliner ini sambil merasakan panasnya ruangan spa atau sambil bercengkerama dengan pengunjung lainnya.

Menginap di Jimjilbang

Selain sebagai tempat untuk relaksasi dan bersosialisasi, Jimjilbang ternyata juga bisa menjadi tempat untuk menginap, loh. Kebanyakan Jimjilbang memang menyediakan kamar-kamar bagi mereka yang ingin melewatkan malam di Jimjilbang. Tentu saja ada charge tambahan untuk kamar-kamar ini. Bila tidak ingin mangeluarkan uang lebih, kita bisa manfaatkan aula atau area unisex Jimjilbang yang besar untuk tidur. Jangan takut, karena banyak orang Korea Selatan yang juga melakukan hal yang sama.

Nah, jangan lupa kunjungi Jimjilbang ini saat melancong ke negeri ginseng ini ya. Ssst, lebih afdol lagi menikmati suasana Jimjilbang sambil menggunakan handuk yang diikat di kepala menyerupai tanduk domba atau Yangmeori. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *