Mudah, Ini Dia 4 Cara Menghindari Hacker!

Pada zaman yang serba modern ini, apapun data dilakukan dengan internet. Apalagi dengan adanya koneksi internet cepat yang mempermudah kita untuk melakukan apa saja melalui gadget. Mulai dari sekedar mencari informasi hingga keuangan pun dapat dilakukan dengan internet. Namun, dengan maraknya penggunaan internet yang tidak ada batas, pasti ada saja pihak-pohak tidak bertanggung jawab yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan melalui internet. Salah satunya adalah hacker. Ya, hacker ini adalah suatu ancaman besar bagi kamu yang sering menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari. hacker bisa saja meretas password akun kamu dan mengambil data-data pribadi yang penting untuk keuntungannya sendiri. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan kamu informasi tentang cara-cara untuk mengurangi risiko akun kamu diretas oleh para hacker ini.

menghindari hacker

menghindari hacker

  1. Menggunakan password yang rumit

Salah satu hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko terkena hack adalah dengan menggunakan password yang cukup rumit untuk ditebak. Kamu bisa menggunakan kombinasi simbol, angka hingga huruf kapital yang pastinya akan sulit untuk diketahui oleh orang lain.

  1. Menggunakan VPN

VPN atau Vitual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi. Cara bekerja VPN ini adalah dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. VPN ini mudah untuk kamu dapatkan dengan mengunduhnya.

  1. Menggunakan jawaban pertanyaan keamanan palsu

Asti kamu pernah disuruh untuk membuat pertanyaan keamanan (security question) ketika hendak membuat suatu akun. Namun, jika kamu memberikan pertanyaan dengan jawaban yang benar akan membuat akun kamu menjadi lebih rentan untuk diserang hacker. Maka dari itu, gunakanlah jawaban palsu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Tidak membagikan data pribadi sembarangan

Selain hal-hal di atas, jangan lupa untuk berhati-hati saat diperintahkan untuk mengisi data pribadi. Bisa saja website yang kamu buka merupakan website palsu yang memang ditujukan untuk mengambil data-data pribadi seseorang. Untuk mengetahui apakah website yang kamu kunjungi aman atau tidak, kamu bisa mengecek URL website tersebut. Website yang aman memiliki URL awal https://, sementara jika memiliki URL http:// berarti website tersebut tidak aman.

Itu dia beberapa hal mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari akun kamu diserang hacker. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *