Meski Pahit, Pare Baik untuk Penderita Diabetes

Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Karena itu, tak semua orang menyukainya. Padahal, pare menyimpan segudang manfaat, khususnya bagi para penderita diabetes. Jika Anda rutin cek gula darah belakangan ini dan kadarnya tinggi, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi pare. Penasaran bukan, apa manfaat pare terhadap penderita diabetes? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.pare

Pare merangsang produksi insulin

Seperti yang telah Anda ketahui, diabetes tipe 2 diakibatkan oleh insulin yang tidak dapat bekerja dengan baik. Sedangkan insulin berperan untuk mengontrol jumlah glukosa yang terdapat pada sel-sel tubuh. Nah, sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa pare memiliki bahan aktif seperti alkaloid, vicine, peptida, dan charantin yang dapat meningkatkan produksi insulin dan mengatasi resistensi insulin.

Cara pare mengatur gula darah

Pare dapat mengatur jumlah glukosa melalui kombinasi senyawa zat kimia. Dengan zat kimia yang terkandung dalam pare, maka jumlah glukosa yang diserap oleh usus ke dalam darah dapat terkontrol. Selain itu, senyawa kimia tersebut juga dapat merangsang sinyal pada sel otot untuk menyerap glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen.

Konsumsi pare untuk menurunkan gula darah

Jika Anda ingin memanfaatkan pare sebagai alternatif untuk mengatasi diabetes, pastikan mengonsumsinya secara tepat. Anda bisa menjadikan pare sebagai lalap dan memakannya secara langsung. Atau bisa juga mengolahnya menjadi sayur tumis atau membuatnya sebagai pelengkap somay. Selain dimasak, Anda juga bisa mengonsumsi pare dengan dijus bersama buah-buahan. Selain segar, rasa pahit di dalam pare pun dapat diimbangi dengan rasa manis dari buah-buahan lain.

Manfaat lain pare untuk kesehatan

Selain untuk menurunkan gula darah, pare juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, meredakan asma, meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang, mengatasi masalah kulit seperti kudis, kurap, dan juga psoriasis.

Jadi, bagi Anda yang selama ini tidak suka pare karena rasanya yang pahit, coba pikir-pikir kembali. Meski rasanya pahit, pare membawa segudang manfaat manis untuk kesehatan Anda! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *