Menu Camilan Sehat untuk Cegah Sakit Maag

Bukan hanya telat makan, perut yang kekenyangan juga bisa membuat sakit maag kembali kumat, lho. Jadi selain obat-obatan, salah satu cara mengobati maag sekaligus dapat juga mencegah sakit maag yang paling efektif adalah dengan menjaga pola makan. Jangan terlambat makan dan pastikan makanan yang kamu konsumsi tidak terlalu berat atau pedas. Seperti di bawah ini misalnya, snack sehat ini cocok dikonsumsi oleh para penderita maag. Yuk, intip apa saja!

granola untuk mencegah sakit maag

granola untuk mencegah sakit maag

  • Sari Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya diolah menjadi bubur atau minuman yang nikmat. Sari kacang hijau cukup menahan rasa lapar namun tidak akan membuatmu kekenyangan. Selain itu, kacang hijau juga kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi lambung. Jadi, jika kamu merasa agak lapar namun belum waktunya untuk makan berat, seporsi kecil sari kacang hijau bisa menjadi santapan lezat yang sehat.

  • Lidah Buaya/Aloe Vera

Selain kacang hijau, ada lagi makanan nikmat yang baik untuk lambung nih. Yup, aloe vera! Aloe vera atau yang lebih sering disebut sebagai lidah buaya ternyata memiliki kandungan yang dapat meredakan rasa sakit. Kandungan lidah buaya bersifat antiseptik dan antibiotik sehingga baik untuk mengobati penyakit lambung seperti maag. Biasanya lidah buaya bisa diolah menjadI minuman atau puding. Hmm pasti segar dan nikmat!

  • Pisang

Buah pisang juga dapat menjadi camilan sehat di sela-sela kesibukanmu. Dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, pisang membuat tubuh menjadi lebih sehat jika dikonsumsi dengan rutin. Apalagi pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan pengganti nasi.

  • Granola

Meskipun cukup mahal, granola merupakan camilan yang sangat sehat. Bagaimana tidak, granola terdiiri dari biji-bijian, kacang-kacangan dan buah kering yang dicampur menjadi satu. Bahan-bahan tersebut kaya akan serat dan dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Supaya tidak bosan, kamu bisa menyantap granola bersama smoothie.

  • Biskuit Gandum

Biskuit gandum sepertinya wajib disediakan bagi para penderita maag karena snack ini sangat praktis dan bisa menahan rasa lapar dengan baik. Cocok juga untuk dikonsumsi disela-sela jam makan agar asam lambung tak cepat naik.

Nah, di antara camilan pencegah maag di atas, mana yang paling kamu suka? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *