Mengenal Makhluk Mitos dari Korea Selatan

Jika anda tertarik dengan kisah-kisah mitologi, maka Korea Selatan juga memiliki kisah mitologi yang tak kalah menarik dari negara -negara Asia lainnya. Anda dapat memesan Paket Tour ke Korea untuk mendalami lebih jauh mitos-mitos berikut yang bisa anda tanyakan kepada warga lokal. Berikut adalah beberapa makhluk mitos yang berasal dari Korea Selatan.

Dewa kematian Korea

Dewa kematian Korea Selatan

  1. Jeoseung Saja (저승 사자)

Jeoseung Saja adalah dewa kematian versi Korea Selatan. Sama halnya seperti dewa kematian di negara lain, Jeoseung Saja menggunakan pakaian yang serba hitam, memiliki kulit yang pucat dan menggunakan Gat hitam. Gat adalah topi yang populer digunakan oleh keluarga kerajaan pada masa kerajaan Joseon. Jeoseung Saja hanya dapat dilihat oleh mereka yang telah mendekati waktu kematiannya, oleh karena itu Jeoseung Saja banyak di temukan di sekitar Rumah Sakit dan tempat-tempat yang rawan kecelakaan.

  1. Samjokgu (삼적구)

Samjokgu adalah seekor anjing berkaki tiga yang memiliki kemampuan supernatural. Hewan ini dapat memberitahu keberadaan seekor Gumiho, siluman jahat yang sebenarnya adalah rubah yang berhasil hidup hingga lebih dari 1000 tahun. Cerita terkenal mengenai Samjokgu ini salah satunya adalah ketika seorang Menteri kerajaan bernama Jiang mengungkap penyamaran seekor Gumiho bernama Daji yang mengontrol Raja nya saat itu dengan bantuan Samjokgu. Sheepdog asal Korea Selatan Bernama Sapsali juga dihubungkan memiliki kemampuan yang sama untuk mengungkap hawa jahat sama seperti Samjokgu.

  1. Haechi (해치)

Haechi dikenal sebagai makhluk yang selalu melindungi manusia dari api kebakaran, dan musibah lain. Haechi juga pernah menjadi maskot resmi untuk kota Seoul pada tahun 2008. Haechi sendiri merupakan seekor makhluk yang memiliki bagian-bagian tubuh dari singa, domba dan Unicorn. Haechi menjadi pelindung di rumah-rumah penduduk di Korea Selatan.

  1. Kye-Ryong (켸룡)

Pada umumnya, Kye-Ryong hanya di labeli sebagai cockatrice, dan memang Kye-Ryong merupakan perwujudan seekor hibrida dari ayam dan naga. Berbeda dari hewan mistis lainnya, Kye-Ryong dikenal baik dan lembut pada manusia. Penggambaran yang dipercaya dari seekor Kye-Ryong adalah memiliki kepala dari seekor ayam jantan dan memiliki tubuh seekor naga, namun hanya memiliki dua kaki. Kye-Ryong juga menjadi simbol status bagi para bangsawan dan anggota kerajaan.

Seperti layaknya makhluk mistis pada umumnya, ada juga makhluk-makhluk mistis yang bersikap jahat terhadap manusia. Anda bisa juga mencari tahu mengenai makhluk-makhluk mitologi Korea Selatan berbahaya ini dari warga lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *