Mengenal Jenis-Jenis Pressure Tank

Dalam dunia pertambangan, storage tank atau tangki penyimpanan merupakan hal yang sangat signifikan. Pasalnya, tangki ini digunakan sebagai tempat penyimpanan material, baik yang padat, cair, dan juga gas. Tangki ini juga memiliki berbagai jenis, mulai dari portable storage tank hingga pressure tank. Pressure tank sendiri merupakan tangki yang biasa digunakan untuk menyimpan produk minyak bumi. Tangki ini sendiri dapat menyimpan fluida dengan tekanan uap lebih dari 11,1 psi.

Pressure tank minyak bumi

Pressure tank minyak bumi

Bicara soal pressure tank, ternyata tangki ini juga memiliki berbagai jenis. Di antaranya:

  • Bullet tank

Sesuai dengan namanya, bullet tank merupakan tangki berbentuk peluru. Tangki ini juga lebih dikenal sebagai pressure vessel berbentuk horizontal dengan volume maksimum 2000 barrel. Tangki peluru ini seringkali digunakan sebagai tangki penyimpanan untuk LPG, propane butane, H2, hingga ammonia dengan tekanan di atas 15 psig.

  • Spherical tank

Spherical tank atau tangki bola merupakan tangki yang digunakan untuk menyimpan gas-gas yang dicairkan. Contohnya saja seperti LPG, LNG, O2, N2, dan lain sebagainya. Yang menarik dari tangki berbentuk bola ini adalah kapasitas dan tekanan yang digunakan bisa bervariasi. Misalnya saja, untuk volume tangki sekitar 50.000 barrel, spherical tank dapat menyimpan gas cair hingga tekanan 75 psi. Variasi kapasitas yang ada di lapangan biasanya berkisar antara 1000-50000 bbl dan variasi tekanan berkisar 10 psig untuk tangki yang lebih besar dan 200 psig untuk tangki yang lebih yang kecil.

  • Dome roof tank

Terakhir adalah dome roof tank. Sesuai dengan namanya, tangki ini memiliki kubah berbentuk dome. Biasanya, dome roof tank digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar, meledak, dan juga mudah menguap seperti gasoline. Patut diperhatikan bahwa bahan bisa disimpan dengan tekanan rendah, mulai dari 0,5 psi sampai 15 psig.

Sebelum memilih tangki yang tepat, ada baiknya Anda memerhatikan dulu jenis-jenis tangkinya. Untuk menyimpan bahan bakar, Anda juga bisa membeli tangki self-bunded yang fleksibel dan aman. Yang penting, pilih tangki yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat menyimpan material dengan baik. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *