Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Mogok Di Jalan Tol

Mobil mogok di tengah perjalanan tentunya bukan hal yang ingin dialami semua orang. Itulah sebabnya memperhatikan perawatan mobil menjadi hal yang wajib dilakukan, seperti mengganti oli secara rutin, ganti kampas rem belakang di waktu yang tepat, dan perawatan lainnya. Sayangnya, terkadang hal tersebut tidak bisa dihindari dan bahkan mungkin pernah terjadi setidaknya sekali dalam perjalanan Anda. Sebenarnya, bila ini terjadi di jalanan biasa, maka Anda tinggal meminggirkan kendaraan Anda, mencari bengkel terdekat, atau menelpon perusahaan asuransi mobil Anda untuk mengirim mobil derek atau montir yang akan membantu memperbaiki mobil Anda yang mogok. Namun, bagaimana bila yang terjadi adalah mobil mogok di jalan tolĀ  yang tentunya jauh dari bengkel? Jangan panik, berikut beberapa cara yang bisa membantu.

  1. Menepi ke bahu jalan

Biasanya, mobil akan menunjukkan tanda-tanda ketika akan mengalami kerusakan atau mogok. Nah, bila ini terjadi, sebaiknya langsung ambil lajur paling kiri atau bahu jalan. Bahkan bila memungkinkan, usahakan roda sebelah kiri berada di jalur rumput, keluar dari bahu jalan, agar lebih terhindar dari lajur mobil paling kiri.

  1. Pasang lambu hazard dan segitiga pengaman

Segera pasang lampu hazard dan segitiga pengaman untuk memberitahukan pengendara lain bahwa ada mobil yang tengah berhenti atau mengalami kerusahakan di bahu jalan, sehingga mereka bisa lebih berhati-hati. Untuk segitiga pengaman, letakkanlah sekitar 10 meter di belakang mobil Anda, dan sekitar 35-50 cm dari body terluar sebelah kanan mobil Anda.

  1. Kosongkan mobil

Ini penting dilakukan untuk menghindari bahaya jika mobil tertabrak oleh kendaraan lain dari belakang. Sebaiknya hindari bagian belakang kendaraan Anda dan berdirilah di sisi kiri atau depan kendaraan Anda.

  1. Hubungi petugas derek

Setelah semua aman, segeralah hubungi petugas derek jalan tol untuk membantu menderek kendaraan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan sekitar Anda, misalnya saja angka km tol atau tanda lainnya yang bisa mempermudah Anda memberitahukan posisi kendaraan Anda kepada petugas derek.

  1. Hubungi perusahaan asuransi mobil

Setelah mobil Anda di derek hingga ke pintu tol terdekat, segeralah hubungi perusahan asuransi dan bengkel rekanan atau terpercaya Anda untuk membantu perbaikan mobil selanjutnya.

Namun, bila mobil Anda berhenti secara mendadak di tengah jalan tol, maka sebaiknya jangan langsung ke luar dari mobil Anda. Pastikan dulu keadaan di sekitar aman baru kemudian berusaha menyebrang ke pinggir jalan. Jangan lupa untuk menghidupkan lampu hazard kendaraan Anda, bila Anda terpaksa harus berdiam di dalam mobil, sambil menunggu bantuan datang.

Nah, semoga tips tadi bisa membantu Anda untuk tidak panik ketika mengalami mobil mogok di jalan tol. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *