Mengatasi Kekurangan Modal Usaha

Setiap bisnis besar yang ada saat ini, pasti diawali dengan usaha kecil terlebih dahulu. Termasuk juga Aruna yang saat ini menjadi The Largest Integrated Fisheries Commerce in Indonesia, sebelum menjadi seperti sekarang pasti melalui tahapan awal terlebih dahulu. Namun, pada tahap awal tersebutlah justru permasalahan yang dihadapi oleh sebuah usaha cukup banyak sehingga tidak semuanya mampu bertahan dan berkembang. Salah satunya yaitu terkait kekurangan modal usaha.

Ya, menyiapkan modal memang menjadi salah satu langkah penting saat membuka bisnis baru dan memegang peran penting dalam kemajuan sebuah usaha. Cukup banyak usaha yang tidak mampu berkembang meskipun memiliki banyak permintaan karena terbentur keterbatasan modal. Namun, sebenarnya hal ini bisa diatasi, dan berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Mencari investor

Cara paling ampuh untuk mendapatkan modal adalah dengan mencari investor. Namun tentunya, seseorang juga tidak akan mau berinvestasi begitu saja dalam usaha Anda jika tidak menguntungkan. Itulah sebabnya, agar investor tertarik memberikan modal, Anda harus mampu meyakinkannya dengan membuat proposal kerja sama yang menjanjikan. Usah yang sudah berjalan dan terlihat memiliki potensi baik juga biasanya akan lebih disukai oleh para investor.

  • Mengikuti pelatihan

Pelatihan wirausaha biasanya diberikan untuk membantu menambah pengetahuan dan informasi bagi para pelaku usaha untuk memajukan usahanya. Namun, tahukah Anda bahwa terkadang melalui pelatihan tersebut Anda bisa mendapatkan tambahan modal usaha? Misalnya melalui koneksi saat Anda menjalin komunikaasi dengan sesama peserta pelatihan. Atau, terkadang pihak yang mengadakan pelatihan sendiri mungkin akan memberikan bantuan modal untuk usaha yang dinilainya memiliki potensi untuk maju.

  • Mengajukan pinjaman

Pinjaman menjadi andalan banyak pelaku usaha saat membutuhkan tambahan modal usaha, baik diajukan pada lembaga perbankan maupun nonbank. Jika Anda juga berencana untuk mengajukannya, tidak masalah selama Anda memastikan dapat mengelola keuangan dengan baik dan disiplin. Sebab, tidak jarang usaha yang bangkrut dan justru meninggalkan utang karena kegagalan mengelola dana pinjaman.

Semoga dengan terpenuhinya dana untuk menutup kekurangan modal usaha Anda, maka usaha tersebut dapat semakin maju dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *