Mengapa Membuat Mebel Sendiri?

Banyak orang yang memilih untuk membeli mebel jadi di toko mebel Jakarta langganannya, untuk mengisi rumahnya. Namun, tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk membuatnya sendiri. Membuat sendiri di sini, bukan berarti kita benar-benar membuat sendiri mebel yang diinginkan, tapi bisa juga meminta bantuan pada seseorang yang lebih ahli untuk membuatkan mebel yang kita butuhkan.

Tentunya ada alasan mengapa membuat mebel sendiri dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi, di antaranya:

Membuat mebel sendiri

Membuat mebel sendiri

  • Tidak menemukan model yang sesuai kebutuhan

Kadang, meskipun sudah berkeliling ke beberapa toko mebel kita tetap tidak bisa menemukan model yang sesuai dengan kebutuhan kita. Biasanya, sebelum ke toko mebel, kita sudah membayangkan model mebel yang kita inginkan. Jika tidak menemukan yang sama persis dengan model yang kita bayangkan, setidaknya kita bisa membeli yang mirip dengan keinginan kita. Tapi, ternyata sulit loh menemukan mebel seperti itu. Terkadang, saat kita menemukannya, ternyata ukurannya yang tidak pas dengan kebutuhan kita.

  • Model yang ada tidak sesuai dengan desain ruangan

Pernahkah, sudah membayangkan ingin menata ruangan sedemikian rupa, namun, keinginan kita ini terhambat karena tidak menemukan mebel yang sesuai dengan desain interior tadi? Nah, daripada bingung-bingung berkeliling tidak jelas ke toko mebel, lebih baik buat sendiri modelnya, dan sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita tidak bisa membuatnya sendiri, kita bisa meminta bantuan seseorang yang ahli untuk membuatnya. Mintalah orang tersebut datang, dan melakukan pengukuran. Berikan gambaran tatanan ruangan yang kita inginkan, agar orang tersebut lebih mengerti apa yang sebenarnya kita inginkan.

  • Menuangkan ide sendiri

Bagi seseorang yang memiliki kreativitas dan rasa seni yang tinggi, biasanya akan lebih senang membuat sendiri daripada membeli jadi. Dengan cara ini, mereka akan bisa mengeluarkan ide kreatif mereka untuk membuat sesuatu yang diinginkan. Tidak hanya mengeluarkan ide saja, biasanya mereka juga berperan aktif untuk membuat sendiri, atau tidak meminta bantuan pada pihak lain.

  • Lebih murah

Banyak yang berpendapat bahwa membuat sendiri ini akan lebih murah daripada membeli jadi. Karena itulah, meskipun model mebel yang dibuatnya terlihat sangat sederhana, namun ini masih dianggap lebih baik dibandingkan dengan memaksakan diri membeli mebel dengan harga di luar kemampuannya.

Nah, jadi mana yang lebih disukai? Membeli di toko atau membuat sendiri mebel kita? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *