Jangan Asal Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor

Pernah memiliki pikiran seperti ini: “Wah, mobilnya keren, jadi mau punya mobil seperti itu”, atau “Ah, pengen beli motor supaya praktis mau pergi kemana-mana”? Mungkin beberapa dari kamu pernah merasakan hal itu dan memang menjadi hal yang wajar jika ingin membeli dan memiliki kendaraan bermotor sendiri. Apalagi, pengajuan kredit kendaraan bermotor saat ini bisa dibilang dipermudah, sehingga tidak sulit untuk mewujudkan keinginanmu tersebut.

Akan tetapi, sebenarnya kamu seharusnya justru lebih berhati-hati loh. Sebab, kemudahan pengajuan kredit ini bisa jadi justru menjerumuskanmu. Misalnya saja, kamu melupakan kenyataan bahwa masih ada berbagai kewajiban lain yang harus kamu penuhi setelah memiliki kendaraan, seperti:

sebelum-mengajukan-kredit-kendaraan

  • Kendaraan membutuhkan bahan bakar

Tidak ada kendaraan apapun yang dapat dioperasikan tanpa adanya bahan bakar. Artinya, kamu akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk kebutuhan ini. Dan jumlah yang akan kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan ini, sama sekali tidak bisa dipastikan. Sebab, semakin sering kamu menggunakan maka akan semakin banyak pula biaya bahan bakar yang akan kamu keluarkan. Padahal, setelah kamu memiliki kendaraan baru pasti kamu akan lebih memilih pergi dengan kendaraanmu dibandingkan dengan transportasi umum.

  • Kendaraan membutuhkan perawatan

Sama halnya dengan mesin pada umumnya, kendaraan apapun pasti membutuhkan perawatan. Setidaknya, kamu wajib mengganti oli mesin setiap beberapa bulan sekali, atau ketika kendaraan sudah mencapai batas jarak pemakaian. Tidak hanya itu saja, berbagai komponen juga pasti akan membutuhkan perawatan dan penggantian secara berkala. Belum lagi ketika ada komponen yang rusak sebelum waktunya akibat suatu hal, misalnya ban yang bocor, atau lampu yang pecah akibat menabrak sesuatu.

  • Biaya hidup

Penghasilanmu itu tidak hanya kamu gunakan untuk membayar cicilan dan keperluan kendaraanmu saja, tetapi juga untuk biaya hidupmu. Apalagi, jika kamu mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya. Artinya, kamu harus mengatur keuanganmu agar cukup hingga tanggal gajian berikutnya. Jadi, jangan sampai kamu mampu membayar segala hal tentang kendaraanmu namun dampaknya kamu harus puasa atau sangat menghemat karena uangmu habis.

Bergaya hiduplah sesuai dengan kemampuanmu. Jika kamu yakin mampu mengatur keuanganmu, maka tidak ada salahnya mengajukan kredit kendaraan bermotor. Namun, lakukanlah perhitung secara cermat agar tidak menyesal nantinya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *