Menakjubkan, 4 Fenomena Bawah Laut Ini!

Di balik keindahannya yang memukau, laut ternyata menyimpan rahasia. Mulai dari; adanya fenomena sungai bawah laut, ditemukannya kota Heracleoin, terdapat lingkaran misterius, hingga terbentuknya palung di dasar laut. (source: steadylist)

  1. Sungai Bawah Laut

Kamu mungkin sudah pernah mendengar fenomena alam satu ini. Yap, sungai bawah laut, salah satu sungai yang tersembunyi di dasar laut dan berada di kedalaman 35 meter. Sungai Bawah Laut ini ditemukan pada tahun 2010 oleh seorang Oceanus asal Prancis, Jackques Yves Costeau. Di sekitar sungai, terdapat kabut, bukit, dan ranting-ranting pepohonan. Menurut penelitian, kabut yang ada di dalam sungai menjadi pembatas antara air asin dan air tawar dan terbentuk karena hydrogen sulfida. Lantas, apakah boleh menyelam dan melihat keindahan sungai ini? Boleh, asalkan jangan lama-lama karena sungainya sangat gelap dan mengandung banyak gas hidrogen sulfida, yang mana bisa membahayakan keselamatan penyelam.

Kota Heracleion

Kota Heracleion

  1. Kota Heracleion

Banyak yang beranggapan jika kota Heracleion ini hanyalah mitos belaka dan tidak pernah ada di muka bumi. Namun, anggapan tersebut dibantah oleh salah seorang arkeolog bernama F.Goddia yang berhasil menemukan kota satu ini di dasar teluk Abu Qir. Mesir. Diperkiran, kota ini tenggelam selama kurang lebih 1200 tahun lalu. Terdapat beberapa benda peninggalan kota Heracleion yang masih tersisa di bawah laut. Unik sekali, bukan?

  1. Lingkaran Misterius

Penemuan lainnya yang tak kalah menarik yaitu ditemukannya sebuah lingkaran misterius di dasar laut. Lingkaran misterius ini ditemukan tahun 1995 oleh seorang penyelam di Jepang. Selama bertahun-tahun, lingkaran misterius ini menjadi objek penelitian ilmuwan dan akhirnya misteri pun terpecahkan. Ternyata, lingkaran yang terbentuk sangat indah ini buatan ikan puffer jantan agar bisa menarik perhatian puffer betina.

  1. Palung Mariana

Sudah bukan rahasia umum lagi, fenomana unik Palung Mariana yang sangat terkenal seantero pelosok dunia. Palung Mariana sendiri ditemukan tanggal 23 Maret 1975 oleh HMS Challenger. Palung yang berada di kedalaman 10.994 meter di bawah permukaan laut ini memiliki banyak misteri yang belum diketahui.

Itu dia beberapa penemuan mengejutkan di bawah laut. Dari beberapa fenomena di atas, kira-kira ada fenomena apalagi ya yang tersembunyi di dasar lautan? –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *